RADAR JOGJA – Pelatih anyar Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) David Singleton sudah tiba di DIJ, Minggu (29/11) lalu. Pelatih asal Amerika itu Kamis (3/12) langsung memimpin sesi latihan Nuke Tri Saputra cs di GOR Klebengan, Sleman.

Latihan berlangsung dengan intensitas tinggi. Tujuannya agar para pemain menemukan peak performance jelang kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) Januari 2021. “Yang akan kami lakukan adalah menerapkan sistem, gaya, dan filosofi saya. Lalu, yang harus dipahami pemain adalah hal apa yang saya suka atau tidak. Waktu cukup mepet, karena kompetisi hanya sisa sekitar 40-an hari lagi,” ujar pelatih yang akrab disapa Dave itu.

Karena waktu yang mepet, Dave meminta para pemain berlatih lebih keras. Harapannya di pertandingan nanti dapat berjalan lebih mudah. Apalagi manajemen menargetkan minimal BPJ masuk semifinal Liga musim depan. “Saya lihat pemain sangat bersemangat, semoga bisa terus meningkat performa anak-anak,” ucap eks pelatih Pacific Caesar, Surabaya itu.

Sementara itu, Presiden BPJ Edy Wibowo menyebut, semua kontestan IBL punya tantangan yang sama. Yakni dengan persiapan yang cukup mepet. Maklum, akibat pandemi memang membuat kondisi menjadi sulit. “Tantangan kita waktunya tinggal enam minggu. Kalau persiapan protokol kesehatan itu dihitung dua minggu dengan gambaran tim datang dua pekan di venue pertandingan yang sudah disiapkan,” katanya.

Oleh karena itu, otomatis waktu berlatih efektif hanya satu bulan. Dimulai dari Desember ini. “Awal Januari nanti sudah tidak lagi dihitung sebagai masa persiapan karena untuk menjalankan prokes seperti baik swab test. Semoga waktu tersisa ini chemistry pelatih, pemain, manajemen, maupun ofisial bisa menyatu,” tambahnya. (ard/laz)

Jogja Sport