RADAR JOGJA – Tim nasional (timnas) U-16 akan menggelar Training Center atau pemusatan latihan di Sleman. Rencananya TC berlangsung pada, 6-23 Desember mendatang. Serangkaian TC tersebut dilakukan untuk menghadapi ajang AFC U-16 Championship awal tahun 2021 di Bahrain.

Sebelumnya, tim besutan Bima Sakti itu usai merampungkan TC yang digelar hampir sebulan di Stadion Pakansari, Bogor. “Di TC yang terakhir kami mengadakan internal game. Tujuannya untuk membiasakan anak-anak nanti saat menghadapi turnamen Piala Asia U-16, saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, dimana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali,” ujar Bima.

Lebih lanjut, eks pemain timnas era 90-an itu mengatakan progres berjalan cukup baik. Koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi titik kelemahan Muhammad Valeron cs itu juga dinilai kian kompak. “Koordinasi barisan belakang saat dua kali bertemu tim UAE U-16 sudah membaik. Seperti tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan,” katanya.

Termasuk fisik pemain juga dinilai semakin meningkat. Meski begitu, Bima berharap di TC nanti Garuda Muda, julukan Timnas U-16 bisa berjalan lebih baik lagi.

Sementara itu, penjaga gawang PSS Sleman yang dipanggil Timnas U-16 Raka Octa Bernanda mengaku kemampuan sepak bolanya semakin meningkat. Banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapat Raka saat mengikuti TC. “Alhamdulliah TC berjalan lancar, sangat senang masih dipercaya. Disana saya dapat pengalaman baru, teman baru, dan materi yang belum saya mengerti sebelummya,” bebernya.

Selain itu, TC timnas U-16 nanti juga disambut antusias kiper kelahiran 1 Oktober 2004 itu. Maklum, pemusatan latihan lanjutan ini akan digelar di tanah kelahirannya Sleman. “Insyaallah TC selanjutnya ini di Sleman. Tentu senang karena ya dekat kalau sebelumnya kan latihan di Bogor,” pungkas pengagum kiper Bayern Munchen Manuel Neuer itu.

Selain Raka, ada tiga pemain akademi PSS lain yang dipanggil timnas U-16. Ketiganya yakni, Fidelis Davin Dhaniswara (kiper), Farhan Arif Musthofa (gelandang), dan Jovan Adesetya (striker). (ard/yog)

Jogja Sport