RADAR JOGJA – Tak adanya aktivitas latihan memaksa pesepak bola Indonesia mencari kesibukan sembari menjaga kebugaran. Kegiatan yang dilakukan pun beragam. Mulai mengikuti pertandingan antarkampung alias tarkam, hingga sparing bersama komunitas sepak bola.

Hal itu seperti yang dilakukan sejumlah penggawa PSS Sleman. Arthur Daniel Irawan misalnya. Bek asal Surabaya itu punya kesibukan sendiri setelah tim resmi diliburkan sejak 19 Oktober lalu. “Saya di Jakarta. Kebetulan ada grup pemain-pemain Liga yang lagi di daerah Jabodetabek, jadi kami setiap Minggu kumpul untuk latihan atau sparing bersama,” ujarnya Kamis (19/11).

Dikatakan, beberapa pemain Super Elang Jawa -julukan PSS- yang turut bergabung di antaranya Fitra Ridwan dan Luthfi Kamal Baharsyah. Menurut pemain 27 tahun itu, kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk menjaga silaturahmi sesama pemain. “Soalnya kan kita semua bersaudara di luar lapangan. Sisi positifnya liburan ini saya bisa menikmati waktu sama keluarga,” tambah eks pemain Espanyol B itu.

Arthur mengatakan meski libur panjang, tim pelatih tetap memberikan progam latihan ke pemain. Dengan harapan Bagus Nirwanto cs tetap dalam kondisi prima. “Sebelum diliburkan kami sudah di-briefing untuk program latihan. Dan sebagai pemain profesional, walaupun libur kita harus tetap menjaga nutrisi dan kondisi,” bebernya.

Pelatih PSS Dejan Antonic berharap pandemi segera mereda, sehingga kompetisi dapat benar-benar digulirkan. Selain itu, tim pelatih juga bisa mengatur dan menyiapkan program latihan. “Yes, semoga kita bisa prepare, semua pemain bisa fokus ke bola. Semoga PSSI dapat izin sepak bola Indonesia kembali. Stay safe untuk semua, sekarang kita cuma bisa menunggu kabar baik,” tandas Dejan.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 musim 2020 direncanakan baru bergulir lagi tahun depan. Seluruh klub kini memilih meliburkan pemain. (ard/laz)

Jogja Sport