RADAR JOGJA – Tim Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) kembali melakoni latihan bersama. Itu setelah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ mendapat lampu hijau untuk menggunakan sejumlah fasilitas olahraga milik Pemprov.

Nah, latihan tersebut menjadi yang pertama setelah tujuh bulan para atlet hanya menjalani latihan mandiri. Karena pandemi, latihan diberlakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Panduan latihan juga sudah disosialisasikan KONI DIJ kepada cabor Puslatda. Selain itu, untuk memudahkan penggunaan venue para atlet dibekali Kartu Tanda Anggota (KTA).

Latihan bersama disambut antusias oleh cabor Puslatda PON. Tak terkecuali tim Puslatda atletik. Mereka sangat bersyukur lantaran fasilitas olahraga sudah mulai dibuka. “Sebelumnya kami berlatih berpindah-pindah dan di beberapa tempat untuk menghindari kerumunan. Biasanya latihan di Embung Tambak Boyo, di Berbah, Gunung Api Purba Nglanggeran,” ujar pelatih atletik Puslatda PON DIJ Ivan Budiaji disela latihan di Lapangan Kenari, Selasa (10/11).

Lebih lanjut, Ivan menjelaskan dipilihnya Lapangan Kenari sebagai venue latihan karena dinilai sebagai salah satu tempat yang representatif. Menurut dia medan tanah punya tekstur yang soft ketimbang latihan di aspal. “Ya meski risiko cedera tentu ada, tapi saya pikir kalau persiapan umum lebih baik di venue tanah dulu. Nanti jelang berkompetisi baru mungkin di Mandala Krida atau Lapangan UNY,” beber Ivan.

Ivan tak memungkiri saat ini kondisi fisik anak asuhnya cukup mengalami penurunan. Namun, hal itu dirasa wajar karena mereka sudah lama tidak latihan bersama. “Yang jelas setelah latihan normal lagi tim pelatih akan membenahi apa yang masih kurang. Beruntungnya kami tidak kembali memulai persiapan dari nol tapi mulai sekitar 60 persen dari performa awal sebelum pandemi,” ucapnya.

Di ajang PON XX Papua 2021 atletik mengirimkan tiga atlet terbaik. Mereka adalah Rahma Anisa yang akan turun di nomor lari, Indah Lupita Sari dan Bayu Prasetyo (jalan cepat). (ard/yog)

Jogja Sport