RADAR JOGJA – PSS Sleman kembali mengirimkan satu talenta muda dalam program Garuda Select. Dia adalah Hokky Caraka yang berhasil lolos seleksi tim Garuda Select jilid III di Inggris. Hokky mengikuti jejak pemain akademi PSS U-16 Dika Kuswardani yang tahun lalu bergabung tim Garuda Select jilid II di Inggris dan Italia.

Total ada 21 pemain yang lolos seleksi tahap akhir. Rencananya mereka akan mengikuti pemusatan latihan di Inggris hingga Mei 2021.

Kepala Development Center PSS Guntur Cahyo Utomo bersyukur PSS kembali mengirimkan wakilnya dalam program tersebut. Menurutnya, Garuda Select merupakan program yang tepat bagi pemain muda untuk mengasah dan menimba ilmu sepak bola. “Tentu kami senang ada lagi pemain kami yang mendapat kesempatan belajar sepak bola di level yang tinggi,” ujar Guntur Rabu (11/11).

Lebih lanjut dikatakan lolosnya Hokky membuat pihaknya lebih termotivasi untuk terus membina dan mengembangkan bibit pemain muda potensial. Tentunya dengan harapan akan semakin banyak bakat-bakat dari DIJ yang berprestasi, baik di level nasional maupun internasional.

“Ini untuk investasi jangka panjang nantinya. Sekali lagi, ini baru awal dari rangkaian program jangka panjang. Tujuan akhir kami adalah memfasilitasi sebanyak mungkin pesepak bola agar bisa masuk ke level profesional,” tandas Guntur.

Sejauh ini produk akademi PSS yang mampu unjuk gigi dan sukses menembus Tim Nasional (Timnas) yakni Saddam Emiruddin Gaffar. Saddam merupakan pemain Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Meski dilaksanakan di tengah situasi pandemi, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap program Garuda Select Jilid III dapat berjalan lancar. Sebab, PSSI memang berkomitmen untuk terus mengembangkan sepak bola usia muda tanah air. “Selama proses seleksi para pemain berjuang keras dan memperlihatkan kemampuan terbaik. Tentu hal ini bagus untuk perkembangan sepak bola Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu. (ard/laz)

Jogja Sport