RADAR JOGJA – Klub panjat tebing Nusantara Sport Climbing (NSC) Jogjakarta baru saja merayakan hari jadi pertama, Rabu (28/10). Perayaan ulang tahun klub yang dirintis mantan atlet panjat tebing nasional asal DIJ, Fitriyani itu digelar di sirkuit panjat dinding SMA 3 Jogjakarta.

Acara tersebut turut dihadiri atlet junior pengcab/ pengkab panjat tebing seluruh DIJ. Seperti spiderkid yang tergabung dalam Jogjakarta Climbing Club (JCC) dan NSC, serta atlet Puslatda.

Selain itu, NSC juga mengundang pendaki tunadaksa Sabar Gorky sebagai pembicara. Sabar merupakan pendaki disabilitas pertama Asia yang berhasil mencapai puncak Elbrus Rusia (5.642 mdpl). Pria asal Solo, Jawa Tengah itu juga berhasil menaklukkan puncak Gunung Carstensz di Papua (4.884 mdpl), dan Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl). “Kami mengundang beliau untuk memotivasi anak-anak didik NSC maupun generasi muda lainnya untuk selalu optimistis dan berani punya mimpi yang lebih tinggi,” kata Fitriyani.

Di hari jadi pertama ini, Fitriyani berharap kedepan NSC bisa lebih terorganisir dengan program latihan yang sesuai arahan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Harapan lain yaitu bisa lebih berprestasi dan melahirkan atlet-atlet berbakat.

Penasihat NSC Pristiawan Buntoro sangat mengapresiasi atas kerja keras Fitriyani beserta tim pelatih dalam mewujudkan terbentuknya klub panjat ini. Pristiawan berpesan kepada anak-anak didik NSC untuk terus berjuang dalam meraih mimpi. “Buat adik-adik mimpilah setinggi langit. Karena semua ini berawal dari mimpi. Dulu Indonesia bermimpi tampil di Asian Games, kita masuk. Kita bermimpi tampil di Olimpiade, kita masuk,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum FPTI Kota Jogja Ipung Purwandari mengucapkan selamat atas hari jadi NSC. Dia berharap semua pihak bergotong-royong memajukan olahraga panjat tebing di DIJ. “Semoga NSC semakin jaya, maju, dan memberi warna untuk olahraga panjat tebing di DIJ. Semoga akan lahir atlet berprestasi bukan hanya di tingkat nasional namun juga di level internasional,” ucap Ipung. (ard/bah)

Jogja Sport