RADAR JOGJA – PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia akan memberikan tambahan subsidi kepada seluruh kontestan Liga 1 dan Liga 2 2020. Tambahan subsidi itu sebagai bentuk kompensasi atas penundaan kompetisi yang semestinya dimulai Oktober ini.

Direktur Utama (Dirut) PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan, tambahan kompensasi akan diberikan dalam nominal yang berbeda. Yakni untuk Liga 2 sebesar Rp 25 juta per tim. Sementara Liga 1 masih dalam tahap pembahasan federasi.

“Ya, itu kebijakan dari PSSI. Istilahnya persiapan yang sudah dilaksanakan klub tapi tidak bisa diwujudkan dalam bentuk kompetisi. Kalau Liga 1 ada, tapi berbeda. Kami dari LIB diminta merumuskan yang lebih detail nanti,”  tambah Lukita.

Manajer PSIM Jogja David MP Hutauruk mengaku bersyukur atas rencana bantuan itu. Terlebih di situasi pandemi ini klub mengalami kesulitan finansial. “Ya, senang klub-klub mendapatkan kompensasi itu akibat penundaan kompetisi. Tentu cukup membantu,” katanya. Selain itu, David juga turut mengapresiasi kinerja PSSI dan LIB yang terus berusaha mengerahkan segala potensi untuk mengupayakan kompetisi tahun ini bisa berjalan.

Di sisi lain, Sekretaris Umum PSIM Jogja Jarot Sri Kastawa yang hadir dalam extraordinary club meeting mempertanyakan soal regulasi perpindahan pemain Liga 2 2020. Hanya saja, perpindahan pemain dalam strata yang sama tidak diperbolehkan.

“Padahal kami ada yang trial dari Liga 2 yang mungkin akan direkrut. Jadi harus segera kami putuskan, kasihan anaknya juga nanti malah tidak bisa bermain,” ujar Jarot.

Nah, karena terbentur regulasi itu, harapan PSIM untuk merekrut Jodi Kustiawan dipastikan gagal. Padahal eks kapten PSS Sleman itu sebelumnya sudah tampak bergabung dalam sesi latihan tim kebanggaan Brajamusti dan The Maident itu.

Terkait kabar itu, Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara memilih menunggu kepastian perihal regulasi perpindahan pemain. Apakah regulasi itu sudah pasti diketok atau belum, pihaknya menanti perkembangan. “Tapi kalau memang tidak bisa, ya berarti Jodi nggak bisa. Namun sejauh ini dia masih ikut latihan,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu. (ard/laz)

Jogja Sport