RADAR JOGJA – Dua pemain akademi PSS Sleman terpilih memperkuat Timnas U-16 dalam international friendly match. Mereka adalah Raka Octa Bernanda berposisi penjaga gawang dan Fahmi Alvin Setiawan (bek kanan). Keduanya dijadwalkan bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab pada 19 Oktober mendatang.

Sejatinya dalam seleksi Timnas U-16 yang berlangsung sejak bulan lalu di Jakarta, ada tiga pemain akademi PSS yang dipanggil. Namun, satu pemain yakni Iput Nurhasan (stopper) kurang beruntung sehingga tidak berhasil lolos seleksi.

Adapun agenda Timnas U-16 di Timur Tengah ini sebagai persiapan Garuda Muda untuk berkompetisi di ajang AFC U-16 Championship awal tahun 2021 di Bahrain.

Kepala Development Center PT PSS Guntur Cahyo Utomo mengaku sangat senang dengan pemanggilan dua pemain tersebut. Dikatakan, kesuksesan pemain binaan akademi PSS menembus timnas tentu menjadi kabar gembira bagi manajemen tim. “Sangat membanggakan. Pembinaan pemain tidak bisa dilakukan secara instan, bibit-bibit pemain usia muda harus dicermati dan diberikan jalan untuk bisa lebih berkembang,” ujarnya, Kamis (15/10).

Lebih lanjut, Guntur mengatakan keberhasilan Raka dan Fahmi adalah bukti keseriusan PSS dalam pembinaan pemain muda. Selain itu, juga tak sekadar memenuhi kewajiban pembinaan usia muda di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1. “Kami ingin mengembangkan anak-anak ke level senior,” tekadnya.

Sepertinya diketahui, sebelumnya PSS juga sudah lebih dulu mengirimkan pemain muda berbakat. Dia adalah Saddam Emiruddin Gaffar yang saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-19 di Kroasia. (ard/bah)

Jogja Sport