RADAR JOGJA – Sejumlah tim Liga 1 2020 yang bermarkas di Jogjakarta mulai berdatangan di Kota Gudeg. Maklum saja, kick off menuju kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu tinggal dua hari lagi. Atau tepatnya 1 Oktober mendatang.

Seperti diketahui Jogjakarta dipastikan menjadi home-base enam klub Liga 1. Yakni PSM Makassar, Persiraja Banda Aceh, Barito Putera, Persija Jakarta, Bali United, dan Borneo FC. Keenam tim itu akan bermarkas di dua stadion, yakni Maguwoharjo International Stadium (MagIS) dan Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul.

Beberapa tim yang baru tiba di Jogjakarta yaitu PSM Makassar dan Persiraja Banda Aceh. Sedangkan Barito Putera sudah berada di Jogjakarta sejak akhir Agustus lalu. Adapun tiga tim lain seperti Persija dan Borneo masih urung datang. Sementara skuad Bali United akan bertolak ke Bantul, Rabu besok (30/9).

Media Officer (MO) PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim mengatakan, tim berjuluk Juku Eja -julukan PSM- itu tiba di Jogjakarta Minggu (27/9) malam. Total PSM memboyong 24 pemain. Seperti Miswar Saputra, Hilmansyah, Asnawi Mangkualam Bahar, Firza Andika, Zulkifli Syukur, Rasyid Bakri, Edgard Amping, serta Ahmad Agung.

Kemudian Renaldi, Roni Beroperai, Bayu Gatra, M Arfan, Rizky Pellu, Rafli Asrul, Yakob Sayuri, Prince Patrick Kallon, Saldi, Rizky Eka Pratama, Aji Kurniawan, dan Muhammad Farhan Rahman. “Tapi empat pemain izin dan menyusul bergabung. Reza Arya menyusul karena sedang mengikuti tes kepolisian, Abdul Rahman masih menjalani terapi cedera, Hasyim Kipuw menyusul karena anaknya sedang sakit, dan Wiljan Pluim karena dia baru tiba dari Belanda,” ujar Sulaiman.

Dalam laga perdana pekan ke-4 nanti, PSM akan menjamu Persib Bandung di SSA Minggu (4/10) mendatang. Hanya dalam laga ini skuad PSM belum didampingi pelatih kepala Bojan Hodak. Sehingga untuk sementara waktu anak-anak Makassar akan dipimpin asisten pelatih Herrie Setyawan.

Di sisi lain, perubahan jadwal pertandingan lanjutan Liga 1 2020 membuat tim promosi Persiraja tak punya banyak waktu untuk melakukan persiapan. Sebab, skuad berjuluk Laskar Rencong itu harus menjalani laga away kontra PS Tira Persikabo 3 Oktober nanti. “Kami baru tiba di Jogjakarta pagi tadi (kemarin, Red) dan membawa 20 pemain. Tentu tidak ada banyak waktu persiapan karena 1 Oktober kami harus berangkat ke Bogor,” kata pelatih Persiraja Hendri Susilo.

Hendri berujar timnya siap untuk mengarungi kompetisi bertajuk extraordinary itu. Meski diakui secara khusus Persiraja belum sempat menganalisa kekuatan PS Tira Persikabo. Yang jelas dia berharap Rezam Baskoro cs dapat tampil maksimal dan meraih hasil yang diharapkan. “Kondisi pemain semua fit tidak ada yang cedera. Jadi selama di Jogjakarta persiapan lebih ke pengkondisian sembari menyelipkan taktikal,” tandas eks pelatih PSPS Pekanbaru itu. (ard/laz)

Jogja Sport