RADAR JOGJA – Penggawa Bank BPD Bima Perkasa Jogja (BPJ) Tifa Eka Pradita berhasil masuk nominasi Rookie of The Year di seri reguler Indonesian Basketball Lague (IBL) musim ini. Pebasket 22 tahun itu bakal bersaing dengan sejumlah nama. Seperti Antoni Erga (Satya Wacana Salatiga) dan Rivaldo Tandra (Satria Muda).

Di seri reguler, pebasket kelahiran 5 Juli 1998 itu sukses membukukan waktu bermain yang lumayan tinggi. Yakni 16,23 minuted per game (MPG). Selain itu Tifan menjadi pemain lokal ke-4 setelah Azzaryan Pradhitya, Nuke Tri Saputra, dan Restu Dwi Purnomo yang sering mendapatkan waktu bermain dalam pertandingan.

Tifan juga sukses membukukan 5,18 points per game (PPG), lebih tinggi dari Rivaldo (4,1 PPG) dan Antoni Erga (3,08 PPG). Karena itu, tak heran jika dia menjadi salah satu andalan BPJ.

Tifan mengaku sangat bersyukur karena berhasil tembus nominasi rookie of the year tahun ini. Menurutnya, nominasi tersebut bisa menjadi pelecut semangat dalam lanjutan liga nanti. “Tentu senang bisa masuk kandidat musim ini. Tidak menyangka sebenarnya, tapi buat saya nominasi ini memicu agar ke depannya makin komitmen dan bertanggung jawab saja,” ujarnya.

Sejauh ini, satu-satunya wakil Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) di IBL itu sudah mulai melakukan persiapan. Ya, sejak awal bulan ini Nuke Tri Saputra cs digeber latihan oleh dua caretaker pelatih, yaitu manajer teknis tim kepelatihan Kartika Siti Aminah dan pelatih fisik Asep Nugroho.

Latihan yang berlangsung secara daring itu sudah mulai masuk program taktikal. Menurut kedua caretaker itu, kondisi fisik para pemain dinilai menunjukkan progres yang positif. “Saya harap mereka bisa mempertahankan performa sampai lanjutan liga nanti. Kalau bisa naik terus,” kata Kartika. (ard/bah)

Jogja Sport