RADAR JOGJA – Tiga pemain akademi PSS Sleman mendapat panggilan dari tim nasional (timnas) U-16. Mereka adalah Raka Octa yang berposisi penjaga gawang, Iput Nurhasan (stopper), dan Fahmi Alvin Setiawan (bek kanan).

Ketiganya menjalani pemusatan latihan (TC) di Bekasi sejak 20-29 September mendatang. Adapun TC ini digelar sebagai persiapan Garuda Muda untuk berkompetisi di ajang AFC U-16 Championship awal tahun depan.

Kepala Development Center PSS Guntur Cahyo Utomo mengatakan pemanggilan pemain akademi PSS ke timnas merupakan bukti Super Elang Jawa -julukan PSS- dalam keseriusannya mengembangkan pembinaan pemain usia dini. Selain itu juga sebagai upaya Development Center PSS dalam membuka jaringan seluas mungkin untuk berkompetisi di tingkat lebih tinggi.

Sebagai informasi, Development Center merupakan sebuah badan baru yang membawahi akademi PSS. Sebelumnya Guntur yang mantan asisten pelatih timnas U-19 menjabat sebagai Direktur akademi PSS. “Ini menunjukkan keseriusan PSS yang tak sekadar memenuhi kewajiban pembinaan usia muda di EPA Liga 1,” katanya. “Kami ingin mengembangkan anak-anak ke level senior, ya semoga nanti kami punya banyak bibit calon pemain untuk mengisi skuad PSS senior,” imbuh Guntur.

Direktur Operasional PSS Hempri Suyatna menuturkan bahwa pemain tak hanya dilihat dari kemampuan saat mengolah bola, namun juga perilakunya. Hal itu yang harus diingat terus oleh para pemain muda PSS. “Masyarakat akan menyoroti para pemain PSS, tak hanya yang senior tapi juga yang muda. Pemain yang senior juga harus memberi contoh baik untuk juniornya,” ujar Hempri.

Sementara itu, ketiga pemain akademi PSS mengungkapkan rasa bangganya atas pemanggilan mengikuti TC timnas U-16. Kiper muda PSS Raka Octa yang sebelumnya pernah dipanggil TC mengaku sangat bersyukur bisa kembali lagi mengikuti seleksi. “Semoga saya bisa lolos dan menjadi bagian skuad timnas U-16 untuk main di AFC U-16,” harapnya. Senada dengan Raka, Iput dan Fahmi juga sangat senang atas kesempatan langka ini. Terlebih, ini merupakan kali pertama keduanya dipanggil TC timnas U-16. (ard/pra)

Jogja Sport