RADAR JOGJA – Setelah kompetisi Liga 1 dan 2 resmi kembali dilanjutkan, PSSI berencana menggulirkan Liga 3 pada November mendatang. Kabar tersebut mengemuka dalam konferensi pers yang digelar PSSI secara daring belum lama ini.

Ya, dalam acara tersebut Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi sempat menyinggung soal rencana digelarnya kompetisi kasta ketiga sepak bola Indonesia itu. Yunus mengatakan selain Liga 3, nantinya kompetisi kelompok usia yakni, Elite Pro Academy (EPA) juga bakal tetap berjalan. Sebelumnya pada Juni lalu PSSI juga sempat menggelar rapat virtual bersama 34 anggota Asprov PSSI untuk membahas kelanjutan Liga 3.

Nah, wacana bergulirnya Liga pun disambut baik oleh kontestan Liga 3 dari DIJ Sleman United. Manajer Sleman United Handoko Susanto berujar bahwa kabar tersebut menjadi angin segar bagi semua kontestan Liga 3. Kendati demikian, pihaknya masih akan tetap menanti keputusan resmi dari federasi sepak bola Indonesia alias PSSI. “Yang jelas Liga 1 dan 2 sudah workshop ya. Kami tunggu kalau Liga 3 digulirkan ya kami siap mengikuti saja,” katanya, Rabu (16/9).

Disisi lain, hingga kini Sleman United memang belum melakukan persiapan. Sebab, kejelasan kompetisi akan dijadikan patokan Sleman United dalam menyiapkan kerangka tim. Seperti pengumpulan pemain, pembentukan tim, dan lain-lain. “Kalau sudah oke deal Liga 3 tanggal sekian dimulai baru kami bergerak. Sementara kami masih landai-landai saja,” ucap Handoko.

Berbeda dengan Sleman United, tim Liga 3 lain dari DIJ Persiba Bantul sudah tancap gas dengan melakukan serangkaian seleksi pemain. Persiapan tersebut memang dilakukan sebagai antisipasi jika kompetisi digulirkan. Saat ini tim berjuluk Laskar Sultan Agung itu sudah punya 22 pemain.

Asisten Pelatih Persiba Sudarmaji menuturkan, selain untuk persiapan menuju kompetisi sejumlah pemain tersebut bakal dipersiapkan untuk tampil di laga persahabatan dalam perayaan Ulang Tahun Persiba ke-53 pada tanggal 21 September mendatang.

“Sementara kami panggil 22 pemain termasuk tujuh pemain senior untuk persiapan tanggal 21, sambil kami menunggu kejelasan kompetisi. Saya dan Nopendi ditugaskan menyiapkan pemain dalam waktu dekat untuk HUT Persiba,” bebernya. (ard/yog)
Jogja Sport