RADAR JOGJA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengeluarkan aturan tambahan dalam pelaksanaan kompetisi Liga 1. Kebijakan ini bertujuan menekan risiko penularan Covid-19 terhadap pemain maupun anggota tim lainnya. Peserta dianjurkan tidak menggunakan moda transportasi udara saat menuju laga tandang. 

PT LIB menyarankan kepada klub untuk menggunakan moda transportasi darat seperti bus. Bus dinilai leboh aman dan masih bisa menjangkau lokais pertandingan yang terpusat di Pulau Jawa. Dengan kebijakan ini LIB bersedia menanggung biaya dan ketersedian busnya.

Direktur Utama PT Putra Sleman Sembada (PSS) Marco Paulo Garcia pun menilai moda pesawat belum sepenuhnya aman untuk situasi pandemi sekarang. Namun meski bus dapat menjamin keselamatan dan kesehatan para pemain,  di sisi lain perjalanan darat akan memakan lebih banyak waktu. Hal tersebut berdampak pada tenaga dan performa pemain.

“Itu (transportasi darat) sudah lebih baik daripada merisikokan pemain tertular karena menggunakan transportasi udara,” ungkap eks Bos Badak Lampung FC ini. (sky/tif)

Jogja Sport