RADAR JOGJA – PT LIB sudah menetapkan restart Liga 2 2020, akan dihelat Oktober nanti. Kurang dua bulan pelaksanaan, PSIM Jogja urung menggelar latihan perdana. Awalnya tim berjuluk Laskar Mataram ini berencana menggelar latihan pada pertengahan Agustus.

Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara mengeluhkan waktu persiapan yang kian mepet. Seto mengatakan sejumlah faktor menjadi kendala mundurnya latihan skuad PSIM. Baik kendala internal maupun eksternal. “Memang rencana begitu, tapi mungkin ada sedikit kendala dan tim pelatih hanya menunggu hasil perkembangannya,” ujarnya, Selasa (25/8).

Diakui mantan pelatih PSS Sleman itu, rencana latihan perdana beberapa kali mengalami pengunduran jadwal. Selain itu, dia juga mengaku tak tahu kapan skuadnya kembali berkumpul. “Berkurang terus waktu latihan. Awalnya rencana latihan perdana pertengahan Agustus, sekarang mundur ke akhir Agustus,” jelasnya.

Lebih lanjut, pelatih berlisensi AFC Pro itu menuturkan sejauh ini tim pelatih sudah beberapa kali menggelar rapat internal bersama manajemen Laskar Mataram. Selain membahas persiapan tim, juga soal negosiasi kontrak. Sebab, hingga kini proses negosiasi kontrak memang belum rampung. “Saya nggak tahu secara individu. Kita ikuti saja kesepakatan secara bersama, kalau manajemen dan pemain sepakat soal renegosiasi kontrak, ya saya ikuti itu saja,” kata eks pemain tim nasional itu.

Renegosiasi kontrak tertuang dalam SK Nomor SKEP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa atau extraordinary competition. Sesuai arahan yang ditetapkan PSSI, kontrak anyar berkisar 60 persen bagi kontestan Liga 2. Nantinya, kontrak baru bisa diterapkan pada September. Atau satu bulan sebelum kompetisi bergulir.

Tapi di sisi lain, Seto berharap segera ada titik terang dan jalan tengah yang baik antara kedua belah pihak. Dengan harapan TA Musafri dan kawan-kawan bisa segera menggelar latihan. “Artinya pemain nyaman, manajemen tenang, kan gitu. Tapi kita lihat nanti ke depan seperti apa,” ucapnya.

Penundaan ini pun seakan mengulangi persiapan Liga 2 2020 Maret lalu. Sebelum pertandingan perdana melawan Sriwijaya FC pada 15 Maret 2020, PSIM hanya memiliki waktu persiapan kurang dari sebulan.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Manajer PSIM Jogja David MP Hitauruk tak memberikan jawaban soal rencana tim menggelar latihan. Seperti diketahui, Liga 2 dilanjutkan 17 Oktober hingga 5 Desember 2020. Dengan sistem home tournament. Klub kebanggaan warga Jogja ini berada di grup C bersama Mitra Kukar FC, Martapura FC, Putra Sinar Giri FC, AS Abadi Tiga Naga, dan tuan rumah PSPS Pekanbaru. (ard/pra)

Jogja Sport