RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dijadwalkan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat secara virtual hari ini (25/8). Rapat yang berlangsung hingga 27 Agustus itu akan dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) KONI DIJ Djoko Pekik Irianto, Wakil Ketua II Rumpis Agus Sudarko, dan Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan Organisasi Nolik Maryono.

Dalam rapat tersebut KONI DIJ ingin menyampaikan sejumlah hal. Di antaranya soal kepastian terkait timeline Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Serta agenda-agenda menuju PON Papua. “PON kan dipastikan mundur, tahapan-tahapan itu diminta sesegera mungkin agar tegas. Sehingga nanti KONI Provinsi termasuk KONI DIJ bisa mengikuti tahapan secara detail,” ujar Djoko Pekik.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini berharap KONI Pusat dapat melahirkan panduan-panduan virtual tentang training at home atau latihan di rumah agar dapat dijadikan pedoman bagi KONI Provinsi. Sebab, sejauh ini pelatihan di rumah terus berjalan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, juga diharapkan adanya panduan virtual untuk pelaksanaan beberapa kegiatan. Seperti musyawarah daerah (Musda) KONI Provinsi dan musda pengurus daerah (Pengda) cabor. “Misal ada latihan di rumah yang bagus seperti apa, kemudian bagaimana evaluasinya. Karena kalau nanti tidak dievaluasi maka tidak bisa melihat apakah atlet berlatih dengan betul atau tidak. Itu yang kami harapkan nanti bisa dihasilkan oleh KONI pusat pada saat Rakernas,” ucap Djoko.

Sebagai informasi, kegiatan Rakernas KONI rencananya dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali. Sejumlah agenda bakal berlangsung seperti rapat pleno I, lalu dilanjutkan dengan pemaparan laporan pelaksanaan program kerja 2019 dan rencana program kerja 2020 KONI Pusat.

Kemudian, laporan perkembangan persiapan PON XX/2021 Papua, laporan persiapan PON XXI Aceh-Sumatera Utara, laporan hasil tim kerja amandemen UU SKN, sosialisasi penyempurnaan AD dan ART KONI, hingga laporan pelaksanaan program kerja 2019 dan rencana program kerja 2020 BAORI.

Sedangkan rapat-rapat komisi yakni komisi A organisasi dan komisi B pembinaan prestasi akan dilaksanakan pada Rabu (26/8). Dan pada Kamis (27/8) akan digelar rapat Pleno II yang memaparkan tentang laporan, tanggapan dan pengesahan hasil rapat komisi A dan komisi B. Serta pembacaan dan pengesahan keputusan-keputusan hasil Rakernas KONI 2020. (ard/bah)

Jogja Sport