RADAR JOGJA – PSS Sleman gagal menggelar latihan perdana yang seharusnya digelar hari ini (24/8). Hal itu dikarenakan para penggawa Super Elang Jawa – julukan PSS – melakukan serangkaian swab test di Kompleks Maguwoharjo International Stadium (MagIS), kemarin pagi.

Swab test diikuti puluhan elemen tim. Seperti pemain, ofisial tim, dan tim media. PSS baru akan menggelar latihan perdana setelah hasil swab test keluar. ”Butuh waktu kurang lebih tiga. Maka latihan diundur beberapa hari,” kata Manajer PSS Danilo Fernando.

Lebih lanjut, Danilo mengatakan bahwa manajemen bersama ofisial dan dokter tim memang sepakat menunda agenda latihan karena ingin memastikan seluruh elemen tim dalam keadaan sehat. “Tes dilakukan untuk mengetahui kondisi pemain sebelum memulai aktifitas di lapangan. Ini kan juga bagian dari protokol kesehatan,” jelas eks pemain Persik Kediri itu.

Kendati sebagian besar pemain sudah menjalani swab test, beberapa di antaranya absen lantaran belum tiba di Bumi Sembada. Seperti Irfan Bachdim, Aaron Evans, Fitra Ridwan, Arthur Irawan, serta Saddam Emiruddin yang saat ini masih mengikuti TC Timnas U-19. Selain itu, ada pula pelatih kepala Dejan Antonic serta asistennya Mladen Dodic Doda.

Dokter tim PSS Elwizan Aminuddin menuturkan bahwa pemain yang belum menjalani swab test diwajibkan mengikuti tes susulan. Termasuk, bagi pemain yang sudah swab tetap diimbau melakukan tes serupa di Sleman. “Ada sekitar 50 orang yang tes, ini adalah protokol kesehatan pencegahan utama. Jadi hasil apapun dari pemeriksaan ini bisa menjadi acuan kita untuk mengetahui pemain sehat atau tidak,” ucap dokter yang akrab disapa Amin itu.

Nantinya, PSS bakal kembali menjalani swab test dua pekan lagi. Hal itu berdasarkan protokoler kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang diberlakukan PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi. “Supaya safety. Hasil itu kan 14 hari jadi itu yang kami jadikan acuan dan memang aturan dari federasi,” tandas dokter Amin.

Nah, sembari menunggu hasil tes, pelatih fisik PSS memberikan porsi latihan untuk penggawa Super Elja. Dengan harapan para pemain tetap dalam kondisi bugar jelang latihan bersama. (ard/bah)

Jogja Sport