RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mengajukan sebanyak 159 atlet dan pelatih pemusatan latihan daerah (Puslatda) untuk menjadi penerima bantuan langsung tunai (BLT) Kementerian Sosial (Kemensos). Hal itu sesuai yang tertuang dalam surat Kemenpora RI Nomor 08.12.2/D.IV-4/VIII/2020 kepada Ketua Umum (Ketum) KONI tentang permohonan data atlet puslatda.

Anggota Bidang Pembinaan (Binpres) KONI DIJ Wesley Heince Parera Tauntu menjelaskan beberapa kriteria atlet penerima bantuan tersebut. Yaitu meliputi atlet puslatda dan pelatih yang honor per bulannya di bawah Rp 5 juta. Lalu, atlet puslatda non PNS dan BUMD/BUMN. Serta merupakan atlet non Pelatnas NPC untuk kategori disabilitas. “Kami baru ajukan ke Kemenpora permohonan bantuan atlet/pelatih untuk simultan di masa Covid-19 ini,” katanya, Minggu (16/8).

Lebih lanjut Wesley mengatakan, dari total 159 yang diajukan, 122 di antaranya merupakan atlet. Sedangkan 37 adalah pelatih yang memang memenuhi persyaratan. Hanya saja, tak semua atlet/pelatih yang termasuk dalam SK puslatda PON XX DIJ dapat diajukan. Mengingat ada ketentuan-ketentuan seperti yang telah dijelaskan.

Dikatakan, sejauh ini belum ada informasi untuk kuota penerima setiap provinsi. Sebab, dalam surat yang diterima hanya menyebutkan perihal permohonan data atlet puslatda. Sementara KONI DIJ mengajukan data dengan mengacu SK puslatda PON XX DIJ 2020 yang sudah ada. “Soal kepastian pencairan bantuan saya belum dapat memastikan. Yang jelas dari KONI DIJ senang dan sangat bersyukur, apalagi sekarang proses latihan atlet juga terbatas. Adanya ini pasti membantu,” ujarnya.

Berdasarkan SK puslatda PON XX DIJ 2020, DIJ diperkuat 139 atlet dan 54 pelatih. Meliputi cabang olahraga (cabor)/subcabor atletik, balap motor, billiar, bola voli pasir, menembak, panahan, pencak silat, renang indah, sepatu roda, terbang layang, terjun payung, aeromodelling, binaraga, catur, gantole, judo, kempo, panjat tebing, polo air, rugby, taekwondo, tarung derajat, wushu, dan renang perairan terbuka. (ard/laz)

Jogja Sport