RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja tengah menggalakkan program pendataan pada semua sektor olahraga di Kota Jogja. Seperti data klub anggota masing-masing cabor, data atlet, data prestasi, data organisasi anggota, serta data sarana dan prasarana olahraga.

Ketua Umum (Ketum) KONI Kota Jogja Aji Karnanto mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk mendukung proses latihan atlet agar lebih optimal. Juga pembinaan atlet agar semakin berkembang dan berprestasi.

Selain itu, KONI Kota Jogja juga melakukan pendekatan dengan sejumlah pengelola fasilitas cabor. Itu lantaran minimnya fasilitas olahraga di Kota Jogja. “Agar ke depan bisa memanfaatkannya dengan bekerjasama dengan pengelola,” ujar Aji Senin (10/7)

Dikatakan, sejauh ini fasilitas olahraga yang cukup representatif sebagai tempat berlatih adalah Sporthall Kridosono. Terlebih tahun lalu Sporthall Kridosono memang digunakan KONI Kota Jogja untuk persiapan menuju Porda DIJ. “Pasca Covid-19 ini kami akan lakukan lobi ke wali kota dan PDAM untuk bisa kembali menggunakan Sporthall Kridosono,” kata Aji. Selain itu, KONI Kota Jogja juga membidik GOR Ngampilan sebagai tempat latihan.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kota Jogja Iriantoko Cahyo Dumadi menambahkan masuknya data fasilitas dan sarana olahraga di Kota Jogja dalam data base KONI Kota Jogja dinilai sangat bagus. Sebab dapat dijadikan sumber acuan untuk mengusulkan permintaan tambahan fasilitas ke Pemkot Jogja. Keluhan dan permintaan akan penyediaan fasilitas ini menjadi salah satu hasil RAT. “Meskipun untuk tahun ini memang belum bisa, karena dana sangat terbatas untuk penanganan pandemi,” tandasnya. (ard/din)

Jogja Sport