RADAR JOGJA – Setelah dicalonkan sebagai tuan rumah untuk tim luar Jawa dalam lanjutan Liga 1, DIJ juga disiapkan jadi tempat latihan tim nasional (Timnas). Kali ini untuk timnas Indonesia U-19 jelang persiapan menjelang berlaga di ajang Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Sejauh ini Garuda Muda telah melakukan training center (TC) secara virtual sejak Mei lalu. Ya, TC virtual terpaksa dilakukan karena pandemi virus korona (Covid-19) di Tanah Air tak kunjung mereda. Sebanyak 44 pemain mengikuti TC dibawah asuhan pelatih Timnas Shin Tae-yong.

Sudah rencananya TC akan dilakukan secara normal kembali. Hanya, PSSI masih mencari zona hijau untuk dijadikan lokasi pemusatan latihan. Selain di Jakarta, ada dua kota yang menjadi opsi TC yaitu, Jogjakarta atau Bali.
Itu menyusul keinginan Shin Tae-yong agar TC dilakukan di Korea Selatan (Korsel). Namun, PSSI tak setuju dengan rencana pelatih asal Korsel tersebut.

“Kami perlu kehadiran coach Shin Tae-yong untuk melatih Timnas U-19 maupun senior. Jadi kalau salah satu tim dibawa pemusatan latihan ke Korea Selatan tentu satunya tidak terpegang,” jelas anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan.

Sementara itu, pemain muda PSS Sleman Saddam Emirrudin Gaffar yang saat ini tengah mengikuti TC Timnas U-19 mengaku siap jika Timnas kembali berlatih secara normal. Striker asal Jepara itu mengaku sejauh ini dirinya tetap mengikuti latihan virtual secara rutin. “Latihan lebih meningkat dan berat tidak seperti sebelumnya. Coach Shin juga sangat disiplin, terutama disiplin waktu,” bebernya. (ard/pra)

Jogja Sport