RADAR JOGJA – KONI DIJ usai menggelar Webinar bersama para atlet Puslatda PON DIJ. Ketum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto menilai pentingnya materi mental training kepada para atlet di tengah pandemi Covid-19.

Webinar itu menghadirkan tiga narasumber. Yakni pelatih cabor kempo Puslatda KONI DIJ Agung Wibowo, mantan atlet nasional Lia Karina Mansur, dan psikolog sekaligus Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Haryanto.

Haryanto mengatakan pentingnya menanamkan mindset positive thinking dalam bersikap dan bertindak. Juga, selalu fokus pada satu titik. Misal saat melakukan kegiatan latihan puslatda. Kemudian, selalu sikapi informasi dengan bijak. Sebab salah satu dari sumber stres adalah menerima informasi yang belum tentu benar.
Webinar tersebut diharapkan dapat mengatasi problem psikologi dan mampu membangkitkan semangat para atlet. Sehingga diharapkan persiapan menuju PON XX 2021 di Papua menjadi lebih matang. “Para atlet sudah berlatih mandiri lebih dari dua bulan. Mau tidak mau para atlet dilanda kebosanan dan itu harus diatasi,” ujar Djoko.

Djoko juga mengapresiasi para atlet dan pelatih yang terus menyiapkan diri di tengah pandemi Covid-19. PON XX Papua 2020 resmi diundur 2021 karena pagebluk Covid-19 di Tanah Air. Menurutnya, kesiapan atlet dan pelatih luar biasa. Banyak yang sudah tidak sabar lagi turun ke lapangan untuk berlatih secara normal. “Tentu kami berpesan supaya tahan dulu hingga masa tanggap darurat berakhir,” harapnya. (ard/din)

Jogja Sport