RADAR JOGJA – Kompetisi Liga 1 rencananya akan kembali digulirkan pada September mendatang. Meski bersifat wacana, sejumlah klub mulai mempersiapkan rencana untuk menggelar latihan bersama. Termasuk PSS Sleman.

Pelatih Fisik PSS Sleman Danang Suryadi mengatakan, tim pelatih telah melakukan koordinasi soal wacana kelanjutan kompetisi. Hanya saja, keputusannya masih menunggu informasi resmi dari manajemen Super Elang Jawa -julukan PSS. “Sudah sempat dibahas sama head coach. Tapi sepertinya masih dirapatkan manajemen bagaimana teknis pelaksanaannya,” katanya.

Mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya itu menuturkan, untuk kelanjutan Liga, idealnya para pemain kembali dikumpulkan untuk berlatih bersama satu bulan sebelum kompetisi berjalan. “Paling telat satu bulan sebelum Liga dimulai, sekitar Agustus,” ujarnya.

Nah, pekan depan tim pelatih berencana menggelar rapat virtual dengan pemain dan manajemen. Salah satu poin yang akan dibahas adalah terkait program latihan, jika kompetisi nantinya benar-benar kembali dilanjutkan.

Seperti diketahui, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia mengusulkan untuk melanjutkan kompetisi musim 2020. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat saat ini virus korona (Covid-19) masih belum mereda di Tanah Air. Keputusan resminya akan diumumkan setelah PSSI menggelar rapat dengan Komite Eksekutif (Exco).

Di sisi lain, penggawa Super Elja terus melakukan latihan mandiri. Tim pelatih mengimbau Bagus Nirwanto cs untuk selalu menerapkan pola hidup sehat di tengah pagebluk Covid-19. Sebab, penangguhan kompetisi membuat para pemain mengalami penurunan kondisi fisik karena mereka tidak bisa berlatih dengan intensitas tinggi dan berat. (ard/din)

Jogja Sport