RADARJOGJA – Sudah sebulan lebih kompetisi Liga Indonesia ditangguhkan akibat pandemi virus korona (Covid-19). Kondisi tersebut memaksa para pemain sepak bola berlatih mandiri.

Di tengah pagebluk Covid-19 berbagai hal dilakukan pesepak bola Tanah Air untuk menghilangkan kejenuhan saat berada di rumah. Seperti bermain game, menonton film, hingga berkebun di dalam air atau aquascape.

Seperti yang dilakukan winger lincah PSS Sleman Irkham Zahrul Mila. Kepada Jawa Pos Radar Jogja Mila menceritakan, dirinya memang menyukai dunia aquascape sejak lama. Aquascape merupakan sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu menggunakan media akuarium.

Menurutnya, hobi tersebut sangat mengasikkan. Juga bisa menjadi ‘teman’ di rumah saat harus menjalankan individual training. Saat ini, pemain 22 tahun itu sudah mengoleksi beberapa jenis ikan hias. Seperti, guppy, dan neon. “Pelihara ikan-ikan hias kecil untuk hiasan di rumah,” bebernya.

Di sisi lain, Mila mengatakan sejauh ini program latihan mandiri berjalan cukup lancar. Pesepak bola asal Tegal, Jawa Tengah itu mengaku tak mengendorkan latihan saat Ramadan. “Kalau sore latihan untuk menjaga kondisi. Tapi kadang juga ke sawah lihat kebun pepaya saya,” ungkapnya.
Dikatakan, imbas Covid-19 membuat Ramadan tahun ini sangat berbeda. Selain tak bisa berlatih bersama tim, Mila juga merasakan suasana yang tidak semarak seperti tahun-tahun lalu. “Ya, sisi positifnya lebih dekat dengan keluarga,” ujarnya. “Bisa makan masakan ibu. Kalau di rumah paling suka buka puasa sama sayur sop dan sayur asem. Nggak terlalu suka takjil,” pungkas pemain tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 di SEA Games 2019 itu. (ard/din)

Jogja Sport