RADAR JOGJA – Ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2021 resmi ditunda. Semula Porda XVI akan digelar pada September 2021, namun harus mundur hingga September 2022.

Penundaan tersebut telah disepakati oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ bersama KONI Kabupaten/Kota Jogja se-DIJ. “Iya kami sepakat bulat untuk ditunda dan mundur, dengan tuan rumah Kabupaten Sleman,” ujar Ketua Umum (Ketum) KONI DIJ Djoko Pekik Irianto.

Beberapa hal menjadi dasar pertimbangan atas ditundanya Porda ini. Terutama dengan adanya perubahan jadwal gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua karena pandemi virus korona (Covid-19) menjadi Oktober 2022.

Selain itu, adanya event berjenjang yang semestinya berurutan dari Pekan Olahraga Kabupaten/Kota (Porkab/Porkot), Porda, PON, SEA Games, dan seterusnya. Mengingat Porda dilaksanakan sebelum PON sebagai salah satu tahap evaluasi pemusatan latihan daerah (Puslatda) PON untuk mencapai puncak prestasi PON.

Pertimbangan lainnya, yakni terkait padatnya jadwal event olahraga pada 2021. Seperti pada April-Mei 2021 Ramadhan, lalu pada April 2021 Musyawarah Daerah (Musda) KONI DIJ, Piala Dunia Sepak Bola U-20, Juni 2021 Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas), ASEAN School Games (ASG). Pada Juli 2021 perhelatan Olimpiade, Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), Januari hingga Oktober 2021 Puslatda PON, Oktober 2021 PON XX Papua, dan November 2021 event SEA Games di Vietnam.

Di sisi lain, juga soal ketersediaan anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) DIJ maupun Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot) di DIJ. Nah, atas pertimbangan tersebut, KONI DIJ mencari berbagai alternatif waktu pelaksanaan PORDA XVI. Sehingga 2022 menjadi kesepakatan bersama digelarnya ajang dua tahunan tersebut.

Terkait penundaan, sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda DIJ Kadarmanta Baskara Aji dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIJ sekaligus Pelaksana Tugas (PlT) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIJ Bambang Wisnu Handoyo.

Ketum KONI Sleman Pramana menyebut, tahun 2021 setiap daerah dipastikan akan lebih memperhatikan pemulihan ekonomi. Termasuk Sleman yang akan menjadi tuan tumah Porda XVI. Karena itu pihaknya sepakat Porda XVI sebaiknya digelar pada September 2022. Dengan adanya putusan penundaan, KONI Sleman akan segera menyampaikannya kepada Pemkab Sleman dan Pengurus Kabupaten (Pengkab) cabang olahraga (Cabor) di Sleman. (ard/din)

Jogja Raya