RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menyerahkan sejumlah peralatan cabang olahraga (cabor) billiar Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON). Bantuan peralatan diserahkan kepada Ketua Umum (Ketum) Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Billiar Seluruh Indonesia (POBSI) DIJ Jani Sulistyo di Kantor KONI DIJ, Kamis (16/4).

Bendahara Umum KONI DIJ Teguh Edy Susanto berharap bantuan peralatan dari KONI DIJ bisa dimanfaatkan dengan baik. “Semoga bisa menjadi pelecut semangat atlet dalam berlatih maupun bertanding di PON Papua nanti,” ujarnya.

Jani menyampaikan sebanyak enam stik billiar yang diberikan KONI DIJ. Baik divisi pool maupun snooker. Dengan besaran nominal sekitar Rp 130 jutaan. Namun, untuk stik snooker yang telah dipesan dan dibayar lunas masih inden dan ditunggu pengirimannya dari luar negeri. “Masing-masing atlet mendapatkan sepasang stik. Semua impor dan bagus untuk mendukung atlet Billiar DIJ,” jelasnya. “Untuk atlet daerah ini bahkan melebihi standar, karena stik ini hampir selevel yang digunakan atlet pelatnas,” imbuh Jani.

Sebagai informasi, saat ini ada enam atlet yang tergabung dalam Puslatda PON XX. Mereka terdiri dari empat atlet pria divisi pool yakni Wisnu Eko Marsudi, Iwan Aprianto, Agus Deser Efendi, dan Widi Harsoyo. Kemudian satu atlet divisi snooker yakni Gebby Adi Wibawa Putra, serta satu atlet wanita divisi pool atas nama Lafitri Panca Wardhani.

Di sisi lain, para atlet terus menjalani latihan sejak awal tahun. Hanya saja, karena pandemi Covid-19 atlet harus berlatih secara mandiri. “Mengikuti video latihan dari Tim Satgas Puslatda PON XX DIJ sebagai panduan dengan diawasi oleh pelatih melalui jaringan daring,” kata Jani.

Di ajang PON Papua, KONI DIJ menargetkan satu medali emas. Namun, Jani berharap tim biliar bisa melampaui target yang dibebankan KONI. Sebab, menurutnya biliar DIJ memliki peluang besar di dua nomor divisi snooker dan nomor ganda divisi pool.

Adapun bantuan peralatan cabor diberikan kepada 19 cabor dan 24 subcabor yang tercantum dalam SK Puslatda PON XX Papua 2020. Meliputi atletik, wushu, binaraga, billiar, rugby, terbang layang, bola voli pantai, sepatu roda, terjun payung, taekwondo, panahan, panjat tebing, pencak silat, kempo, aeromodelling, tarung derajat, menembak, catur, polo air, renang perairan terbuka, renang artistik, gantole, balap motor, dan judo. (ard/din)

Jogja Sport