RADAR JOGJA – Suporter klub PSIM Jogja yang tergabung dalam Brajamusti Rantau mengambil langkah kemanusian demi ikut serta dalam penanggulangan virus korona. Laskar yang didirikan pada 2015 yang lalu ini melakukan penggalangan dana sebagai upaya pencegahan serta penanggulangan berkembangnya virus mematikan ini.

Brajamusti Rantau sudah satu pekan ini mengadakan acara penggalangan dana untuk membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan di DIJ. “Kurangnya APD di hampir rumah sakit menjadi alasan Brajamusti Rantau untuk ikut berperan dalam menghadapi pandemi ini,” kata Humas Brajamusti Rantau Addy Kurniawan.

Addy menambahkan, dari donasi yang telah dilakukan sudah terkumpul dana Rp 50 juta. Sebagian dana tersebut didapat dari aksi ‘Celengan Impian’ yakni gerakan yang dimulai dari 2017, dengan mengumpulkan ‘koin’ dari beberapa laskar di bawah naungan Brajamusti.

Awalnya, pengumpulan koin tersebut bertujuan untuk mewujudkan impian membelikan bus operasional bagi Tim PSIM Jogja. “Total ada 19 juta kami alokasikan dari Celengan Impian, dan dari eksternal ada 720 ribu. Sisanya 30 juta lebih dikumpulkan dari internal teman-teman Brajamusti Rantau,” ujarnya.
Addy juga menambahkan, di tengah kondisi seperti ini, Brajamusti Rantau memutuskan untuk mengalokasikan Celengan Impian itu untuk kepentingan masyarakat Jogjakarta yang lebih luas. “Impian kami semua saat ini agar kondisi ini bisa segera pulih dan membaik,” tambahnya.

Dana yang terkumpul kemudian disalurkan melalui dua wadah yaitu IDI (Ikatan Dokter Indonesia) DIJ dan Gerakan Jahit APD bersama #jogjalawancorona. Brajamusti Rantau memiliki harapan, donasi tersebut mampu membantu team medis yang berada di garda depan dalam penanggulangan pandemi virus korona khususnya di wilayah DIJ

Selain itu, gerakan ini diharapkan mampu mengajak elemen suporter untuk berperan dalam melawan pandemi ini. “Semoga keadaan ini bisa menyatukan berbagai suporter di Tanah Air untuk melupakan segala rivalitas, karena kemanusiaan berada di atas sepak bola,”

Aksi penggalanan dana ini masih tetap akan berlanjut. Nantinya dana yang terkumpul akan kembali disalurkan sambil melihat kebutuhan di lapangan. Jika suporter maupun masyarakat ingin melakukan donasi dapat menghubungi Brajamusti Rantau melalui akun Instagram atau Twitter milik mereka. (kur/din)

Jogja Sport