RADAR JOGJA – Kontingen Bantul berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) 2020. Di ajang tahunan tersebut Bantul sukses mengumpulkan 94 emas, 75 perak, dan 77 perunggu. Keberhasilan tersebut lantaran Bantul tampil mendominasi di sejumlah cabor. Seperti pencak silat dengan 11 emas, judo 9 emas, dan senam 6 emas.

Sementara peringkat kedua ditempati Sleman dengan 68 emas, 56 perak, dan 92 perunggu. Lalu, Kota Jogja finish di posisi ketiga dengan 42 emas, 39 perak, dan 58 perunggu.

Kemudian, Kulonprogo berada di posisi keempat dengan perolehan 17 emas, 36 perak, dan 51 perunggu. Posisi kelima ditempati Gunungkidul dengan 14 emas, 29 perak, dan 53 perunggu.

Popda 2020 berlangsung selama lima hari. Yakni sejak 16 hingga 20 Maret. Dilaksanakan di 21 venue yang tersebar di seluruh DIJ denganĀ  mempertandingkan 27 cabang olahraga (cabor).

Kepala BPO Disdikpora DIJ Eka Heru Prasetya mengatakan, Popda berjalan lancar kendati kondisi di Indonesia tengah terjadi wabah virus korona. Lebih lanjut, Eka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Popda. “Tanpa kerja sama mustahil kegiatan ini dapat berjalan. Kerja keras smuanya untuk saling membantu pelaksanaan berjalan lancar,” katanya.

Eka juga turut mengucapkan selamat kepada kontingen Bantul karena telah menjadi juara untuk kesekian kalinya. Menurutnya, Popda adalah wadah bagi para atlet pelajar di DIJ untuk berprestasi. “Semoga dapat sukses juga untuk daerah dan kita dipertemukan kembali di Popda 2021,” harapnya. (ard/din)

Jogja Sport