RADAR JOGJA –  Usai menjalani libur selama tiga hari, sore ini skuad PSS Sleman dijadwalkan kembali menjalani latihan reguler. Rencananya latihan digelar secara tertutup di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman.

Ya, latihan tertutup diterapkan untuk meminimalisasi penyebaran virus korona yang tengah mewabah belakangan ini. Kendati begitu, klub berjuluk Super Elang Jawa itu belum bisa memutuskan kapan tes Covid-19 akan dilakukan kepada seluruh penggawanya.

Menurut Asisten Manajer PSS Mochammad Eksan sejauh ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Manajer PSS Danilo Fernando.
Dikatakan, sebetulnya seluruh pemain dan ofisial PSS akan menjalani tes kesehatan usai menuntaskan laga pekan ketiga kontra Persib Bandung, Minggu (15/3). Hanya saja, hingga kini belum ada kabar soal tes tersebut. “Yang jelas sudah dibicarakan dengan dokter tim dan manajer,” tandas Eksan.

Sementara itu, Dokter Tim PSS Elwizan Aminudin mengabarkan, sejauh ini Bagus Nirwanto cs dalam kondisi yang baik. Kalaupun ada pengecekan kesehatan, mungkin hanya akan dilakukan screening dini. Selain itu, tidak ada yang menunjukkan gejala apapun. “Kalau misalkan ada gejala satu orang baru kami panggil dan tindaklanjuti,” bebernya.

Lebih lanjut, dokter 37 tahun itu mewanti-wanti kepada seluruh pemain untuk menerapkan pola hidup sehat. Seperti, rajin mencuci tangan, menghindari tempat ramai, juga istirahat yang cukup. “Minum vitamin untuk meningkatkan imun tubuh,” pesannya.

Pelatih PSS Dejan Antonic mengatakan, langkah yang dilakukan PSSI untuk menunda Liga adalah langkah yang tepat. Menurutnya, antisipasi lebih baik karena Covid-19 merupakan virus yang berbahaya. Menurutnya, hidup hanya sekali, lebih bagus waspada. “Semoga virus bisa segera hilang dan hidup berjalan normal,” harap pelatih asal Serbia itu.

Sebagai antisipasi penularan virus dua klub Liga 1 telah melakukan serangkaian tes Covid-19. Yakni, Persib Bandung dan Barito Putera. Hasilnya, penggawa kedua kesebelasan dinyatakan negatif dari pandemi virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

Seperti diketahui, kompetisi Liga di Tanah Air dihentikan selama dua pekan. Kompetisi Shopee Liga 1 telah memasuki pekan ketiga. Super Elja saat ini berada di klasemen 16 dengan raihan satu poin. Hasil tersebut didapat dari satu hasil imbang dan dua kekalahan. (ard/din)

Jogja Sport