RADAR JOGJA – Sore ini, skuad PSS Sleman akan bertolak ke Makassar guna menghadapi laga perdana Shopee Liga 1 2020. PSS akan melawan tuan rumah PSM Makassar di Stadion Andi Mattalata dalam laga pembuka Minggu (1/3). Dalam lawatannya ke Kota Daeng- julukan Kota Makassar, PSS membawa 20 pemain.

Nah, Kamis (27/2) sore skuad PSS digeber latihan terakhir di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS). Latihan yang dipimpin Asisten Pelatih PSS Danilo Fernando itu diikuti 25 pemain. Hanya Alfonso De La Cruz yang tak nampak dalam sesi latihan reguler tersebut.

Absennya bek 33 tahun itu sempat menjadi tanda tanya. Sebab, Alfonso diisukan semakin dekat dengan pintu keluar PSS. Namun Danilo menampik kabar itu. Menurutnya, saat ini Alfonso sedang mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) di Singapura. Ia pun berharap eks pemain Selangor FA itu bisa segera bergabung dengan tim.

Tapi, Danilo tidak bisa menggaransi apakah bek asal Spanyol itu turut disertakan ke Makassar atau tidak. Kalau memungkinkan bisa dibawa. “Terlebih dia sudah absen latihan seminggu,” bebernya.

Di sisi lain, pelatih 41 tahun itu menyebut persiapan yang dilakukan timnya berjalan dengan baik. Menurutnya semua pemain dalam kondisi yang fit dan siap tempur. “Tentu kami waspadai PSM. Siapa yang berusaha lebih keras dan maksimal punya peluang untuk memenangkan pertandingan,” ujarnya.

Kendati sepekan ini latihan tanpa dipimpin oleh pelatih kepala, Danilo mengatakan hal tersebut tidak menjadi masalah. Bahkan, Selasa (25/2) lalu Bagus Nirwanto cs menggelar latihan secara mandiri alias tanpa arahan manajemen. Hal tersebut dilakukan agar kondisi fisik pemain tetap bugar jelang bentrok kontra Juku Eja -julukan PSM. “Kami tetap latihan supaya sentuhan bola para pemain tidak hilang” terangnya.

Eks pemain Persik Kediri itu berharap PSS dapat memetik hasil terbaik dalam laga tandang perdana. Satu poin menjadi target realistis yang dibidik Super Elang Jawa -julukan PSS. “Meskipun itu berat, kami akan berusaha,” tandas Danilo.

Caretaker Manajer PSS Mochammad Eksan mengatakan dalam waktu dekat ini bakal ada kejutan terkait rekrutan anyar PSS. Dikatakan, hal tersebut diharapkan bisa memuaskan seluruh pecinta PSS Sleman. “Saya berharap suporter juga akan kembali lagi ke Sleman,’’ harapnya.

Eksan juga turut membenarkan keberadaan Alfonso. Menurutnya bek kelahiran 17 Juli 1986 itu memang tengah mengurus Kitas di Singapura. Tetapi menurut Eksan, saat ini Alfonso sudah berada di Jakarta. “Tapi kembali lagi ke sini (Sleman, Red) atau tidak saya tidak tahu,” ujarnya. (ard/din)

Jogja Sport