RADAR JOGJA – Tim basket putri Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) berhasil menjadi kampiun di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kelompok Umur (KU) 16. Itu setelah di partai final Srikandi basket DIJ tampil apik dengan mengandaskan tim basket putri Jawa Barat (Jabar) dengan skor 49-44.

Dalam laga yang digelar di The Hawk Stadium Expindo Center, Banten, Minggu (16/2) siang itu anak-anak Jogja tampil cukup baik sejak kuarter pertama. Mereka sempat unggul 10-4, lalu menutup kuarter pertama dengan skor 14-10.

Memasuki kuarter dua, tim lawan mulai bangkit. Jabar berhasil mengejar ketertinggalan dan menutup kuarter dua dengan skor sama kuat 24-24. Namun, di kuarter tiga tim DIJ kembali unggul dengan skor tipis 36-34. Di kuarter empat alias terakhir tim DIJ semakin tak terbendung atas Jabar. Miracle Astrid Widjanarko dkk pun mengakhiri laga dengan kemenangan 49-44.

Disisi lain, di laga puncak kemarin salah satu pilar basket putri DIJ Angelica Jennifer Candra menjadi pahlawan dalam kemenangan timnya. Angel sapaannya, sukses mencatatkan 22 poin serta 16 rebound. Selain, memperkuat KU-16 pebasket 180 cm itu sebelumnya juga sempat bermain di KU-14.

Pelatih basket putri DIJ Rinto Widyanto sangat mengapresiasi semangat juang yang ditunjukkan anak asuhnya. Meski jadwal yang sangat padat, ia bersyukur tim DIJ akhirnya keluar sebagai juara di ajang tahunan tersebut. “Pertandingan cukup melelahkan dari awal tidak ada istirahat. Tapi Alhamdullilah anak-anak bisa menjaga ritme permainan dan tampil enjoy di laga final,” ungkapnya bangga.

Sementara itu, Manajer tim Christian C. Rotty juga mengaku senang dengan pencapaian DIJ. Terlebih, Christian menuturkan bahwa persiapan tim DIJ sebelum berlaga di kejurnas Banten ini sangat mepet. Yakni, sekitar satu bulan. “Semua hasil kerja keras anak-anak. Ini di luar target kami karena awal hanya bidik lolos di fase grup,” ujarnya.

Sementara itu tim basket putra DIJ hanya mampu mencapai perempat final. Meski begitu, Cristian menyebut hasil tersebut sudah sesuai target yang dibidik. “Yang jelas dua-duanya sudah sesuai target. Bersyukur sesuai dengan plan kami,” katanya. (ard/bah)

Jogja Sport