RADAR JOGJA – Setelah absen beberapa hari lantaran memenuhi panggilan PSSI di Jakarta, Seto Nurdiyantara akhirnya bisa menampingi latihan skuad PSIM. Seto menjalani debutnya mempimpin sesi latihan tim berjuluk Laskar Mataram itu di Lapangan Tamanan Bantul Kamis (6/2) pagi.

Sesi latihan tersebut dimulai pada pukul 07.30 dan berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Dalam sesi latihan perdana yang dihadiri 20 pemain tersebut, Seto memberikan materi mengenai menyerang dan bertahan. Juga materi mempertahankan penguasaan bola.

Seto mengaku cukup terkesan dengan sesi latihan yang digelar kemarin. Pelatih dengan lisensi AFC Pro ini memuji kualitas anak asuhnya. ”Tapi banyak juga yang masih mentah, nanti kami lihat bagaimana perkembangannya,” kata Seto.

Sebanyak 20 pemain yang hadir dalam sesi latihan kemarin belum mendapatkan kontrak dari manajemen PSIM Jogja. Mereka terus dipantau perkembangannya dalam sepekan kedepan. Selanjutnya, akan diputuskan apakah nantinya mereka layak mengenakan jersey parang biru.

Lebih lanjut, Seto juga berbicara mengenai kemungkinan pemusatan latihan bagi PSIM. Menurut eks pelatih PSS Sleman itu, pemusatan latihan tak mungkin dilakukan saat ini. “Waktunya mepet sekali, jadi saya pikir tidak ada itu (pemusatan latihan)”, jelasnya.

Kemudian Seto juga menyatakan PSIM sebenarnya sudah mendapatkan tawaran untuk beruji coba. Tawaran itu datang dari klub-klub Liga 1 maupun Liga 2. Namun, pelatih asal Kalasan itu belum bisa mengiyakan. “Ada PSM, Persita, dari Liga 2 juga ada yang menawarkan, tapi bagaimana, kami baru latihan beberapa hari, belum siap,” tandasnya.

Kompetisi Liga 2 musim 2020 akan mulai bergulir pada 13 Maret mendatang. Format Liga 2 musim ini tak berbeda dengan Liga 2 di musim lalu. Akan ada 24 tim yang bertarung. Mereka akan dibagi dalam dua wilayah dimana di setiap wilayah terdiri atas 12 tim.

Pada Liga 2 musim 2019 yang lalu, PSIM Jogja berada di wilayah timur. Namun, untuk musim ini masih belum ada keputusan resmi apakah PSIM akan tetap berada di wilayah timur atau pindah ke wilayah barat. (kur/bah)

Jogja Sport