RADAR JOGJA – Mantan penggawa PSIM Jogja musim lalu, Witan Sulaeman bertekad menembus skuad Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Pemain berusia 18 tahun ini menjadi salah satu pemain yang lolos seleksi tahap pertama di Timnas U-19 Indonesia.

Witan dan 27 pemain yang lain mampu memikat tim pelatih Shin Tae-yong pada seleksi tahap pertama yang dilakukan selama lima hari, mulai dari 13-17 Januari, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Awalnya, ada 50 nama yang mengikuti seleksi tahap pertama. Setelah proses seleksi terpilih 28 pemain yang mengikuti seleksi lanjutan di Chiang Mai, Thailand.

Dengan kembali memperkuat Timnas U-19, Witan seperti turun kasta. Pemain asal Palu, Sulawesi Tengah itu sebelumnya sudah menjadi bagian Timnas U-22 yang meraih medali perak di ajang SEA Games Filipina 2019. “Saya memang sempat ada di Timnas U-23, sakarang ada di Timnas U-19. Ini kan masih tahap seleksi, tapi saya akan kerja keras untuk bisa main di Piala Dunia U-20,” kata Witan Senin (20/1).

Lebih lanjut, Witan juga menceritakan bagaimana pengalamannya ada di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan. Menurutnya, tim pelatih yang menangani skuad Garuda Muda saat ini lebih menonjolkan kedisiplinan. “Tapi mereka selalu bilang kepada kami untuk tetap enjoy,” jelasnya.

Seperti diketahui, Witan bergabung dengan PSIM Jogja di pertengahan musim Liga 2 2019. Kala itu dia diharapkan menjadi salah satu pemain kunci yang bisa membawa Laskar Mataram promosi. Namun, selama setengah musim membela PSIM, permainan Witan masih kurang maksimal.

Kontrak Witan sendiri di PSIM Jogja sudah berakhir pada Desember 2019. Ketika ditanya mengenai rencananya ke depan, Witan enggan memberikan jawaban. “Lihat nanti saja,” tandasnya. (kur/bah)

Jogja Sport