RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) melakukan kunjungan ke Papua pada akhir 2019. Kunjungan dilakukan untuk meninjau kondisi venue dan akomodasi menjelang bergulirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang.
Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI DIJ Wesley Tauntu dan Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) KONI DIJ Ossa Candra, menjadi delegasi KONI DIJ yang meninjau kesiapan vanue dan akomodasi di Papua.

Wesley mengatakan, pantauan dilakukan ke sejumlah venue yang ada di dua wilayah, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
”Beberapa venue masih dalam proses pembangunan di wilayah kota,” kata Wesley Selasa (7/1).
Sedangkan untuk venue di Kabupaten Jayapura, menurutnya cukup siap untuk digunakan. Yang dilakukan, hanya perbaikan dari venue yang sudah ada. Seluruh venue tersebut ditargetkan rampung sebelum Juli.
Terakit akomodasi, Wesley mengatakan sudah cukup baik. Untuk transportasi para atlet, akan disediakan bus dari Kementerian Perhubungan.
Dijelaskan, pihak KONI Papua juga siap bekerjasama dengan Pelni untuk menyediakan sejumlah kapal yang bakal digunakan sebagai tempat tinggal atlet. KONI Papua akan menyiapkan 3 hingga 4 kapal Pelni yang disiagakan di Kota Jayapura apabila diperlukan.
”Kapal-kapal itu untuk backup wisma atlet yang katanya masih tahap proses,” katanya.
Saat disinggung tentang kondisi keamanan di Papua, Wesley menjelaskan terpantau cukup baik. Penyelenggaraan PON Papua rencananya di gelar di empat wilayah di Papua.
”Mimika dan Merauke bakal disiapkan untuk penyelenggaraan,” jelasnya. (ard/bhn)

Jogja Sport