RADAR JOGJA – Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) siap menggelar kejuaraan catur cepat. Kejuaraan berlabel Pengda Percasi DIJ Cup II itu akan diselenggarakan di Pendapa H Suparmin, Potorono, Banguntapan, Bantul mulai Minggu (5/1).

Ketua panitia penyelenggara Iwan Prihastomo mengungkapkan, kejuaraan ini merupakan event tahunan Pengda Percasi DIJ. Untuk tahun ini, Pengda Percasi DIJ melakukan kerja sama dengan Paguyuban Berkah Astha.

Menurut Iwan, kejuaraan Percasi DIJ Cup II cukup menarik perhatian banyak pecatur. Hingga kemarin (3/1) sudah lebih dari 160 pecatur dari berbagai daerah di Tanah Air memastikan diri akan ikut serta. Banyak juga pecatur level nasional yang ikut serta.”Bahkan lima di antaranya sudah memegang gelar master internasional,” kata Iwan.

Iwan menjelaskan akan ada dua kategori yang dipertandingan. Kategori pertama adalah kategori open. Pada kategori tersebut tak ada batasan usia bagi pecatur yang ikut serta. Sementara kategori kedua adalah kategori junior, khusus mempertandingkan pecatur muda di bawah usia 12 tahun.

Kejuaraan ini memperebutkan total hadiah Rp 10 juta. Selain itu para juara juga akan membawa pulang trofi bergengsi. Iwan berharap, kejuaraan ini bisa dilaksanakan secara konsisten. Hal itu penting untuk terus memberikan kesempatan kepada para pecatur untuk mengasah kemampuannya. “Ini akan menjadi kegiatan rutin kami setiap tahun,” tandas wakil ketua Pengda Percasi DIJ tersebut. (cr12/din)

Jogja Sport