RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jogja dalam waktu dekat bakal membagikan dana tali asih sebesar Rp 6, 050 miliar. Dana diberikan untuk atlet pelatih, dan ofisial Kota Jogja yang berprestasi pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV DIJ 2019. Rencananya, penyerahan dilakukan secara simbolis sekaligus pembubaran kontingen pada 31 Desember mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat bersama seluruh perwakilan pengkot cabang olahraga (cabor) di kantor KONI Kota Jogja kemarin (27/12). Dalam pertemuan tersebut, KONI meminta pengkot cabor segera menyelesaikan laporan pertanggung jawaban (LPJ) sebelum 31 Desember.

Permintaan tersebut agar mempercepat pencairan dana tali asih yang telah ditetapkan. “Sembilan cabor belum melengkapi LPJ. Jadi, pada pertemuan ini perwakilan pengkot cabor kami minta untuk menandatangani LPJ,” kata Ketua Umum KONI Kota Jogja Tri Joko Susanto.

Nah, rincian tali asih yang diberikan sebesar Rp 13 juta untuk atlet perorangan peraih emas, perak Rp 4,5 juta, dan perunggu Rp 2, 250 juta. Atlet nomor ganti mendapatkan tali asih untuk emas senilai Rp 9 juta, perak Rp 3,4 dan perunggu Rp 1,8 juta.
Atlet nomor beregu 3-8 orang memperoleh tali asih untuk emas Rp 7 juta, perak Rp 2,4 juta, dan perunggu Rp 1,3 juta. Sedangkan nomor beregu di atas sembilan orang, tali asih untuk emas Rp 5 juta, perak Rp 1,8 juta, dan perunggu Rp 1,2 juta.

Cabor yang menjadi juara umum juga diberi tali asih sebesar Rp 10 juta. Peringkat kedua Rp 5 juta. Peringkat ketiga Rp 3,5 juta.

“Raihan medali emas Kota Jogja lebih didominasi atlet dari nomor beregu di atas sembilan orang jadi kami menyesuaikan anggaran,” kata Tri Joko. (cr18/amd)

Jogja Sport