RADAR JOGJA – Tim basket Bima Perkasa Jogja (BPJ) semakin “pede” menghadapi kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Itu tak terlepas dari hasil manis yang didapat dalam rangkaian uji coba yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Dari lima laga yang dilakono, mereka meraih empat kali menang dan satu kali kalah.

Sebelumnya, banyak yang meragukan kekuatan BPJ di IBL musim ini. Terlebih hengkangnya Galank Gunawan dianggap menjadi faktor Bima Perkasa tak lagi perkasa. Namun, anggapan tersebut sedikit luntur menyusul performa oke yang ditunjukkan Nuke Tri Saputra cs selama uji coba melawan tim- tim basket profesional peserta IBL.

Pelatih BPJ Raoul Miguel Hadinoto mengatakan, sebelum menggelar rangkaian uji coba, tim pelatih telah melihat karakter trio legiun asing. Tiga nama yang dimaksud adalah Blake Truman, Devin Giliggan, dan David Seagers dalam dua kali latihan. Pelatih yang akrab disapa Eboss itu menyebut David tak punya masalah dalam hal adaptasi.

Hal tersebut, dikatakan Eboss lantaran tim pelatih sudah pernah bekerjasama dengan David pada IBL musim lalu. Menurutnya, Devin dan Blake harus cepat beradaptasi dengan pemain dan sistem. “Untuk itulah kami minta ada tryout ke Jakarta melawan tim-tim IBL,” jelasnya.

Lebih lanjut, ke depan Eboss ingin pemain Bima Perkasa bisa terus berkembang. Mengingat kompetisi IBL yang semakin dekat. “Masih ada sisa waktu sebelum liga dimulai untuk mempersiapkan tim lebih baik lagi,” kata Eboss.

Selain itu, program tim pelatih mendapat dukungan penuh dari manajemen Bima Perkasa. Manajer Bima Perkasa Dyah Ayu Pratiwi merasa uji coba adalah momen yang tepat. Selain itu juga cepat mengenalkan atmosfer basket di Indonesia pada dua legiun asing Bima Perkasa. Yakni, Devin dan Blake. Karena mereka baru kali pertama berkiprah di Liga Basket Indonesia. (cr18/din)

Foto: ISTIMEWA

Jogja Sport