RADAR JOGJA – Pebiliar asal Jawa Timur Ramli Harjan berhasil menyebet gelar juara dalam ajang Rama Billiard 9 Ball Open Tournament 2019. Di partai final Ramli mengalahkan pebiliar Jakarta Muhammad Zulfikri dengan skor 7-2. Sukses menjadi yang terbaik, Ramli berhak membawa pulang hadiah utama senilai Rp 50 juta.

Sementara itu, pebiliar Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) hanya mampu mencapai babak semifinal. Yakni atas nama Iwan Rama biliar, lalu Aswin Rama biliar (8 besar), dan Agus Effendi (16 besar).  Ajang yang diselenggarakan Rama Billiard Jogjakarta tersebut digelar selama delapan hari sejak 8 Desember hingga 15 Desember lalu.

Sebelum melaju ke partai final, Ramli memang bermain sangat dominan dengan menumbangkan lawan-lawannya. Dalam babak semifinal, pria yang kerap disapa Ambi itu sukses membungkam Sigit dengan skor 7-4. Sedangkan lawannya Muhammad Zulfikri menumbangkan Iwan.

Menempati posisi runner up Muhammad Zulfikri berhak membawa pulang hadiah yakni, trofi dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta. Lalu, uang senilai Rp 8 juta diberikan bagi pebiliar yang langkahnya terhenti di babak semifinal. Kemudian, peserta yang masuk babak 16 besar berhak mendapat uang pembinaan Rp 2 juta. Sedangkan yang masuk babak 32 besar memperoleh Rp 1 juta.

Direktur Turnamen Basuki Adi Nugroho mengatakan turnamen ini bertujuan untuk membantu induk organisasi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) dalam mencari bibit pebiliar daerah dan menyediakan ajang tanding atlet-atlet daerah untuk berlaga di tingkat nasional.

Turnamen ini diikuti dari berbagai klub atau venue biliar dari daerah se-Indonesia. Seperti, DIJ, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua. “Ya, basic-nya memang dari atlet daerah,” kata Basuki.

Basuki menjelaskan pertandingan digelar dengan format double eliminasi di babak utama dan single eliminasi di 32 besar hingga final. “Babak penyisihan jumlah peserta 168 orang. Sedangkan peserta yang ikut dalam babak utama double eliminasi  127 orang,” ujarnya. (cr18/din)

Jogja Sport