RADAR JOGJA – Dua atlet bola voli pantai asal Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sukses menyabet medali emas di ajang SEA Games Manila, Filipina 2019. Keduanya adalah Ade Candra Rachmawan dan Gilang Ramadhan. Medali emas diraih tim Merah Putih setelah mengalahkan Thailand 2-0 di partai final nomor beregu yang digelar di Subic Bay, Luzon, Filipina, Jumat (6/12) lalu.

Dalam partai puncak, poin pertama Indonesia disumbangkan pasangan Ade Candra Rachmawan/M Ashfiya yang sukses menundukkan Jongklang Surin/Nakprakhong Banlue dengan skor 21-18, 21-9.

Sementara itu, Gilang Ramadhan yang dipasangkan dengan Danangsyah Yudistira Pribadi berhasil membungkam Inkiew Nuttanon/Padsawud Sedtawat dengan skor 21-17, 21-13.

Pelatih tim voli pantai putra Indonesia Dian Putra Santosa menyebut hasil yang didapat sudah sesuai dengan target yang dibidik. Yakni, medali emas. Timnya memang mengincar medali emas dari awal. “Namun, karena sistem pertandingan yang berubah jadi kami bisa mendapatkan emas di nomor putra,” ujarnya.

Sukses menggondol emas, Ade Candra Rachmawan mengaku sangat bersyukur. Menurutnya, hasil positif tersebut tak terlepas dari kerja keras yang dilakukan timnya. “Alhamdulillah bangga bisa mempersembahkan emas untuk warga Indonesia dan DIJ.” ungkapnya.

Ade menyebut persaingan di SEA Games edisi kali ini terbilang cukup merata. Dia mengatakan Thailand dan Singapura menjadi kompetitor yang cukup sengit dalam pertandingan kemarin. “Mereka sekarang juga bagus dari segi permainan,” katanya.

Di kategori putri yang menurunkan pasangan Dita Juliana/Ni Putu Dini Jasita Utami dan Desi Ratnasari/Allysah Mutakharah mendapat medali perak setelah dikalahkan Thailand. (cr18/din)

Jogja Sport