JOGJA – Atlet basket putri asal Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Angelica Jenifer Candra terpilih mewakili Indonesia di kejuaraan dunia Junior National Basketball Association (NBA). Angel sapaan akrabnya, bersama sembilan pemain yang dinyatakan lolos bakal mewakili tim Asia Pasifik di ajang NBA Jr yang akan digelar di Orlando, Amerika Serikat, pada 6 Agustus mendatang.

Selain Angel, Indonesia juga meloloskan Vanissa Renata Siregar asal Jakarta di kelompok putri dan Brian Leonard di kelompok putra. Angel dan Vanissa akan satu tim bersama delapan pemain dari Asia yang juga terpilih. Yakni, Chong Pui Khee (Malaysia), Dianne Camille (Filipina), Iris Yuen (Singapura), Lily Taulelei (Selandia Baru), Phung Trang Linh (Vietnam), Reina Fukuo (Jepang), Summah Hanson (Australia), dan Supawadee Aupatum (Thailand).

Sebelum dinyatakan lolos seleksi tim Asia Pasifik, Angel mengaku harus bersaing dengan ratusan pebasket dari seluruh Tanah Air. Pertama seleksi tingkat nasional lalu baru se-Asia Pasifik. ‚ÄúDijaring menjadi 20 pemain terus diseleksi menjadi 10 besar,” bebernya saat ditemui di SMP Pangudi Luhur 1 Jogjakarta, Selasa (30/7).

Pemain binaan Mataram Basketball School Jogjakarta itu mengatakan sangat exited lantaran dapat mewakili Indonesia di ajang tersebut. “Senang bisa terpilih dan pastinya dapat menambah pengalaman serta bertemu teman baru,” katanya.

Selain itu, Angel menjadi satu-satunya pebasket DIJ yang memperkuat tim Asia Pasifik. Selain mengharumkan DIJ dan Indonesia, Angel juga akan membawa nama baik sekolahnya.

Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur 1 Jogjakarta Antonius Hardianto mendukung penuh anak didiknya yang akan menjalani turnamen selama satu pekan lebih di Orlando, Amerika Serikat. “Prestasi dia sangat bagus, saya tentu bangga dan berharap yang terbaik untuk karir Angel,” ujarnya.

Sebelum berangkat ke turnamen, Angel mengaku akan memaksimalkan latihan dengan program yang sudah disiapkan tim Jr NBA. “Ada tambahan latihan sendiri juga di klub,” ujar pebasket 180 cm itu.

Untuk target, Angel berharap bisa memperkuat tim nasional basket Indonesia. “Semoga main di timnas dan bisa sukses banggain orang tua,” ucapnya. (cr18/din/by)

Jogja Sport