SLEMAN – PSS Sleman menghadapi lawan yang cukup berat pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Ya, anak asuh Seto Nurdiyantara itu bertandang ke markas Serdadu Tridatu -julukan Bali United- pada laga pekan ke-9 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali hari ini (22/7). PSS harus tampil maksimal jika tak ingin pulang dengan tangan hampa.

Di laga itu PSS punya kesempatan memperpanjang derita tuan rumah. Sebab, Stefano Lilipaly dkk baru saja menelan kekalahan beruntun dalam dua laga sebelumnya. Jalak Bali – julukan lain Bali United- takluk saat kontra Barito Putera dengan skor 0-1 pada Minggu (14/7). Empat hari kemudian mereka dipermalukan Persela Lamongan 0-2.

Kondisi Bali United itu bukan berarti angin segar bagi PSS. Apalagi Super Elang Jawa – julukan PSS Sleman- juga tumbang di laga sebelumnya. Tampil di kandang sendiri, PSS justru tunduk 1-3 saat melawan PSIS Semarang pada pekan ke-8 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (17/7).

Sementara di laga hari ini Bali United akan bermain di hadapan pendukungnya. Ini tentu menjadi suntikan motivasi lebih bagi pasukan Stefano Cugurra Teco. Untuk melewati hadangan Super Elang Jawa. Hal itu jelas bukan langkah mudah bagi PSS untuk meraih tiga poin.

Disisi lain, Seto masih dipusingkan masalah kebugaran pemain. Terlebih dalam laga nanti PSS tidak akan diperkuat dua pemain asingnya. Alfonso De La Cruz masih dibekap cedera hamstring. Sedangkan Brian Ferreira terkena akumulasi kartu. Sedangkan empat pilar lainnya dalam kondisi kurang fit. Yakni Rudi Widodo, Dave Mustaine, Derry Rachman, dan Yvhen Bokhashvili.

Karena itu, Seto mewanti-wanti anak asuhnya untuk mewaspadai kekuatan Bali United. Pelatih 45 tahun itu menilai Bali United memiliki materi pemain yang mumpuni. Kemampuan mereka berada satu tingkat di atas PSS Sleman.

Kendati demikian, Seto memastikan seluruh anak asuhnya akan berjuang dan fokus untuk mendapatkan hasil maksimal. PSS akan berusaha merepotkan Bali United. Pelatih asal Kalasan itu optimistis mampu meraih poin penuh di kandang Bali United. “Semoga pemain dalam kondisi yang fresh dan enjoy,” ujarnya. Meski tidak datang dengan kekuatan penuh, Seto berharap penggawanya tampil all out. “Pekan lalu kami mengalami kekalahan. Semoga di laga nanti kami bisa bangkit,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco mengatakan, timnya mempunyai kepercayaan yang tinggi untuk mengalahkan PSS. “Kami senang bisa bermain di kandang lagi. Semoga kami dapat menang di laga besok (hari ini),” ujar Teco. “Kami harus bekerja keras untuk mendapatkan tiga poin,” tandasnya. (cr18/yog/rg)

Jogja Sport