SLEMAN – Tim pustalda Mountain Bike (MTB) Downhill Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) terus melakukan persiapan dengan serius untuk menghadapi ajang Pra-Pekan Olahraga Nasional. Pra-PON tersebut berlangsung di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.

Saat ini, salah satu atlet muda andalan DIJ, FX Elneno Christian tengah bertanding di seri pertama Indonesia Downhill yang berlangsung di Wonogiri, Jawa Tengah. Ajang itu ditujukan sebagai salah satu persiapan Elneno jelang menghadapi laga berat di Pra-PON.”Seberanrnya ada satu lagi, Reno tapi dia harus training camp (TC) untuk BMX,” kata Thara Sidharta salah satu pelatih tim puslatda DIJ yang fokus pada nomor Downhill, Kamis (27/6).

Saat ini tim MTB DIJ memiliki total enam atlet. Dengan rincian dua atlet untuk MTB Downhill, dan sisanya akan berlaga di MTB Cross Country. Keenam atlet itu semuanya masih berusia sangat muda. Yang paling tua adalah kelahiran 1999. Hal itu sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) yang hanya membolehkan para atlet yang berusia di bawah 21 tahun untuk bisa berlaga di PON Papua tahun depan.

Kendati diperkuat oleh para atlet muda, DIJ sangat yakin bisa meraih prestrasi di ajang Pra-PON nanti. Bahkan lebih jauh lagi mereka sudah berani berbicara medali di ajang PON Papua tahun depan. “Kalau soal peluang, saya bisa katakan DIJ sangat berpeluang untuk meraih medali,” tegas Ardi Purna Wardana selaku pelatih yang bertanggung jawab menukangi para atlet MTB Cross Country.

Ardi juga mentyatakan para atlet sepeda gunung yang dimiliki DIJ saat ini juga sudah memiliki pengalaman yang bagus baik di level nasionl maupun internasional. (cr12/din/by)

Jogja Sport