JOGJA – Pelatih PSIM Jogja Vladimir Vujovic memiliki waktu 10 hari untuk mempersiapkan skuadnya dalam menghadapi laga perdana Liga 2 melawan Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Sabtu (22/6). Dalam rentang waktu tersebut, pelatih asal Montenegro tersebut mengagendakan satu laga uji coba.

Awalnya, skuad Laskar Mataram direncanakan melakukan uji coba melawan Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Bali pada Minggu (16/6). Namun, uji coba melawan Serdadu Tridatu – julukan Bali United dikabarkan gagal di gelar karena alasan yang tidak jelas.

Pelatih yang akrab disapa Vlado itu mengatakan jelang laga perdana away ke Kalimantan, da merencanakan laga uji coba. Lawan yang akan dihadapi, ditargetkan tim yang secara kasta berada di bawah PSIM alias skuad Liga 3. “Kami akan banyak menghadapi berbagai situasi. Seperti melawan Cilegon beberapa waktu lalu,” jelas Vlado.

Performa PSIM Jogja dalam sejumlah laga uji coba bisa dibilang masih jauh dari harapan. Catatan dari tiga kali uji coba melawan tim profesional, skuad asuhan Vlado, baru menang satu kali dari Cilegon United dengan skor tipis 2-1.

Sementara uji coba terakhir melawan Tim Nasional U-23 Ichsan Pratama dkk hanya bermain dengan skor kacamata. Meski mampu menahan imbang skuad asuhan Indra Sjafri, ribuan suporter PSIM Jogja meneriaki pemain dan pelatih sebagai bentuk kekecewaan atas performa Laskar Mataram.

Maka dari itu, waktu 10 hari yang dimiliki akan dimanfaatkan dengan baik oleh Vlado untuk mempersiapkan sebaik mungkin. Termasuk, membenahi fisik para pemain setelah menjalani libur Lebaran selama sepekan.

Vlado mengatakan akan memantau tingkat kebugaran fisik selama 10 hari ke depan. “Kami sudah siapkan program yang harus dikerjakan untuk mempersiapkan kompetisi,” katanya.

Manajer PSIM Jogja Effendi Syahputra mengaku dalam waktu dekat ini belum ada rencana untuk menggelar uji coba. Namun, bila pelatih menginginkan digelar laga uji coba maka akan dilakukan. “Kalau pun uji coba di gelar waktunya minggu depan,” kata mantan CEO Bogor FC itu.

Seperti diketahui sejak Senin lalu skuad PSIM Jogja sudah berkumbul kembali menggelar latihan rutin yang difokuskan di Lapangan Akademi Angkatan Udara (AAU). PSIM Jogja bakal menghadapi dua laga away Borneo. Setelah melawan Persiba Balikpapan, empat hari setelahnya Laskar Mataram sudah ditunggu Mitra Kukar yang merupakan tim Liga 1 musim lalu. (bhn/din/fj)

Jogja Sport