KOMUNITAS penggemar off road Jogjakarta konsisten menggelar event Jogjakarta Off Road Challange (JORC). Jika tahun lalu sukses mengeksplor kaki bukit Merapi, kali ini dalam JORC VI, giliran menaklukkan track terjal di Bantul dan Sleman bagian timur. Tantangan terberat, adalah track terjal di Mangunan-Imogiri-Dlingo, Bantul.

JORC VI dengan sponsor utama Melia Laundry and Drycleaning ini, diikuti lebih dari 400 peserta dengan total 160 kendaraan off road. Mereka berasal dari berbagai daerah, termasuk dari Papua.

Sebelum finish, selama dua hari dua malam, mereka menyusuri pinggir Sungai Oya, naik turun gunung, dan mengoyak hutan di wilayah Mangunan-Dlingo-Piyungan dan Prambanan. Banyak kegiatan positif yang dilakukan dalam JORC VI. Selain peduli terhadap lingkungan dengan tanpa membuang dan menyisakan sampah di sepanjang track atau pos, juga melakukan kegiatan sosial dengan memberi bantuan berupa beras terhadap warga korban banjir di Kebon Agung, Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul.

“Kegiatan ini bukan semata-mata hobi, kami juga pecinta alam dan lingkungan, serta peduli terhadap sosial. Sehingga gelaran JORC ini menjadi lebih bermanfaat,” kata Adib D, wakil dari panitia.

Karena itu setiap gelaran JORC, selalu dipilih track yang panjang, dan jarang dijamah komunitas atau warga lainnya, meski pos-pos yang dipilih adalah tempat tempat wisata. “Yaitu tadi, kami ingin menjelajahi alam, ada hutan, gunung dan sungai,” tandas Adib.

Ketua Indonesia Off Road Federation (IOF) DIJ, Inung Nurfajri menambahkan, kegiatan JORC, sedikit banyak menunjang gairah wisata di DIJ. “Karena selain pesertanya banyak dari luar Jogjakarta, track yang dilalui selalu ada tempat wisatanya,” kata Inung.

Owner Melia Laundry and Drycleaning, Anna Yunianti mengatakan, dirinya memberi support JORC karena ada hubungan emosional: hobi. “Off road ini hobi keluarga kami. Sehingga setiap gelaran JORC, kami ikut ambil bagian, baik sebagai peserta maupun sebagai sponsor,” katanya.

Menurutnya, tak rugi menjadi sponsor RORC. Pasalnya, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. “Kami senang, karena selama ini JORC hingga ke enam ini, banyak kegiatan positif yang dilakukan,” tandasnya. (*/jko/mg1)

JELANG START: Para peserta JORC VI saat masih berkumpul di Lapangan Trirenggo Bantul jelang ambil start.
GARIS START: Peserta dari Tim Melia Laundry and Drycleaning saat ambil start pertama dalam gelaran JORC VI di Lapangan Tri Renggo, Bantul, Jumat (12/1).
Kerja Keras: Kendaraan dari tim Melia saat tertanam di Kali Oya, tepatnya di Padukuhan Ngunut, Sriharjo, Imogiri, Bantul, pada hari pertama gelaran JORC VI, Jumat (12/1).
PARA SPONSOR: Owner Melia Laundry and Drycleaning, Anna Yunianti (dua dari kiri) menerima piagam penghargaan sebagai sponsor utama JORC VI bersama sponsor pendamping lainnya yang diserahkan Panitia, Adib D, Jumat (12/1).
BAKTI SOSIAL: Ketua IOF DIJ, Inung Nurfajri (tengah) bersama panitia JORC VI sesaat setelah penyerahan bantuan sosial berupa beras kepada warga korban Banjir di Kebon Agung, Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Sabtu (13/1).
TERJAL: Mobil peserta JORC VI terpaksa harus ditarik karena tidak mampu melalui track yang super terjal di kawasan Bangunan, Bantul.
ALA KADARNYA: Peserta JORC VI saat makan siang di pinggiran Kali Oya, kemarin (13/1). Mereka makan hasil masakan sendiri.
PEDULI WARGA SEKITAR: Seorang warga Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Jamari (70) membelah kelapa muda yang dibeli para peserta JORC VI, Sabtu (13/1).
Event