SLEMAN – Al Haqi Insan Pratama menjadi atlet DIJ yang meraih medali terbanyak dalam Kejuaraan Renang Antarsekolah dan Perguruan Tinggi Indonesia 2018. Dalam kejuaraan yang berlangsung 13-14 Januari di kolam renang UNY itu, pelajar SMP Budi Mulia Dua itu meraih 6 emas, 2 perak dan satu perunggu.

Total peraih medali terbanyak diraih atlet Joe Aditya asal SMAN 70 Jakarta dengan 10 emas. Diikuti Sevinevita Kausal dari SMAN 1 Cirebon dengan 7 emas dan 2 perak. Total sebanyak 587 peserta resmi mengikuti kejuaraan yang digagas asosiasi perkumpulan renang Sleman tersebut.

“Tercatat yang dari luar DIJ peserta asal Bukittinggi, Lampung, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Bali. Dari 170 nomor itu akan diambil satu terbaik dan akan mendapatkan medali dan uang pembinaan,” ujar Ketua Panitia Eko Yuni kepada wartawan.

Agung Purwondo Saleh dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia mengatakan, kejuaraan menggunakan sistem time electronic selama lomba agar memudahkan validasi data hasil pertandingan dan mempercepat jalannya lomba. “Hasilnya bisa lebih valid dan cepat selama lomba yang pelaksanaannya mengacu pada kelompok umur putra maupun putri,” sambungnya. (riz/mg1)

Jogja Sport