KULONPROGO – PSIM Jogja akhirnya mengadakan uji coba tertutup dengan tim lokal Mars Margosari 57, kemarin (24/2). Hasilnya M Rifky dkk menang dengan skor besar 8-0. Gol-gol PSIM Jogja dicetak Ian Purwanto, Anjarbeni, Andriyanto Agung, Yoga Pratama, Dicky, Engkus Kuswaha, dan dua gol Rangga Muslim.

Tim pelatih baik Erwan Hendarwanto maupun Ananto Nurhani merasa puas dengan hasil uji coba tersebut.Ananto mengatakan, pihaknya bukan melihat dari hasil akhir tersebut. Namun dari segi permainan timnya yang sesuai dengan instruksi tim pelatih dalam persiapan sebelumnya. “Kami tidak lihat skornya. Tapi bagaimana skema dan pola permainan yang mereka mainkan. Progres semakin baik, pemain sudah bisa kompak,” ujarnya kepada Radar Jogja.

Erwan Hendarwanto juga puas dengan chemistry sesama pemain di dalam tim yang terus terbangun dengan baik. Skema penyerangan dan bertahan bisa berjalan. “Karena memang lawan di bawah kami kualitasnya, kami ingin lihat bagaimana skema yang kami inginkan bisa berjalan tanpa banyak tekanan lawan,” imbuhnya.

Selain itu, pelatih juga mengapresiasi kemampuan para pemain dalam menyerap materi latihan. Ony Kurniawan dkk bisa menyesuaikan instruksi pelatih dengan yang diterapkan di lapangan. Hal itu juga salah satu tujuan pelatih menggelar uji coba.

“Kami ingin lihat sejauh mana hasil dari latihan, dan sejauh ini progresnya bagus. Selain kami ingin membuat suasana baru, karena selama dua pekan ini kami lebih banyak menggenjot latihan fisik. Ujicoba bisa jadi refresing mereka juga,” terangnya.

Setelah dengan tim di bawah level PSIM Jogja, diharapkan dalam uji coba selanjutnya tim bisa berujicoba dengan tim selevel dari Liga 2 atau Liga 2. Beberapa tawaran ke manajemen di antaranya masuk dari PSIS Semarang, Persibas Banyumas dan terakhir Kalteng Putra Kalimantan.

Sementara itu terkait tawaran uji coba dari Kalteng Putra dan klub lain, manajer PSIM Agung Damar Kusumandaru mengaku akan segera membahas dengan beberapa pengurus di internal manajemen. “Sabtu (25/2) kami rapatkan, termasuk dengan tim mana dan tempatnya,” jelasnya. (riz/din/mg2)

Jogja Sport