JOGJA – Dalam masa persiapan tim, PSIM Jogja mendapat penawaran uji coba dari beberapa tim selevel di Liga 2 (dulu Divisi Utama). Setelah sebelumnya ditawari PSIS Semarang dan Persibas Banyumas, terakhir Laskar Mataram- julkan PSIM Jogja diajak uji tanding dengan tim Kalteng Putra.

Pelatih Kalteng Putra Kashartadi bahkan telah menghubungi pelatih PSIM Erwan Hendarwanto. Namun Erwan menyerahkan terkait teknis pertandingan kepada manajemen.”Pada dasarnya kami menyambut positif tawaran uji coba itu. Apalagi waktunya di atas 25 Februari. Artinya sudah aman dan masuk ke program kami,” ujar Erwan kepada wartawan, kemarin (23/2).

Apalagi menurut Erwan, Kalteng Putra telah dipersiapkan serius menghadapi Liga 2. Anak asuh Kashartadi itu diperkuat pemain senior kenyang pengalaman dan beberapa adalah mantan pemain tim nasional. Seperti Galih Sudaryono, Mahyadi Panggabean, dan Budi Sudarsono. “Uji coba dengan mereka baik untuk menguji mentalitas pemain kami,” imbuhnya.
Sebelum datang ajakan dari Kalteng Putra, tim juga ditawari tim Mahesa Jenar-julukan PSIS Semarang. Uji coba yang diminta Semarang berformat home and away. “Tapi kami serahkan ke manajemen, karena terkait dengan pencarian tempat. Kami tidak mematok kapan namun kalau bisa awal bulan. Secara kebetulan mereka mengajak dan kami sama-sama membutuhkan,” ungkapnya.
Erwan berharap manajemen segera memastikan jadwal dan tempat uji coba sehingga tim bisa menyesuaikan program latihan. Apalagi menurut pelatih asal Magelang itu, minggu depan intensitas latihan akan semakin tinggi. “Setelah itu baru kami masuk mantenance. Kami kasih materi transisi defense-attack. Uji coba sudah bisa jadi tolok ukur,” terangnya.
Dalam latihan kemarin (23/2), tim berlatih skema penyerangan fase pertama dan kedua. Ditambah variasi defense. Sehingga jika awal bulan positif diadakan uji coba, kondisi fisik pemain telah aman dan mapan. “Kebugaran terbentuk. Sudah tidak ada beban,” bebernya.

Sementara itu terkait tawaran uji coba dari Kalteng Putra dan klub lain, manajer PSIM Agung Damar Kusumandaru mengaku akan segera membahas dengan beberapa pengurus di internal manajemen. “Sabtu (25/2) kami rapatkan, termasuk dengan tim mana dan tempatnya,” jelasnya. (riz/din/mg1)

Jogja Sport