JOGJA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIJ 2017 rencananya akan berlangsung 17-20 April mendatang. Dalam penyelenggaraan even olahraga multicabang tersebut, 564 medali akan diperebutkan. Jumlah itu terdiri dari 188 emas, 188 perak, dan 188 perunggu.

Selain itu, jika pada penyelenggaraan sebelumnya masih ada juara tiga bersama, kali ini ditiadakan. Baik perorangan dan beregu akan diadu untuk menentukan juara ketiga.
Kepala Seksi Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIJ Eka Heru Prasetya mengatakan, dari jumlah medali emas yang diperebutkan,cabang atletik menjadi yang terbanyak slot medali dengan 24 keping. Selanjutnya berturut-turut diikuti cabangrenang dengan 20 medali emas, pencak silat dengan 19 emas dan taekwondo 17 emas. “Dengan jumlah tersebut tentutiap-tiap kontingen daerah akan berlomba-lomba memanen medali juara di cabor tersebut,” ujarnya kemarin (10/2).

Selain itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa dalam tahapan pelaksanaan Popda, BPO akan mulai membuka pendaftaran atlet sejak 1-30 Maret mendatang. Selanjutnya pada 4-5 April, diteruskan dengan pendataan keabsahan atlet dan pada tanggal 12 April akan dilakukan teknikal meeting. “Mengenai penjadwalan tersebut akan kami sosialisasikan kepada masing-masing daerah,” bebernya.

Rencananya tahapan sosialisasi lanjutan akan dilaksanakan pada Selasa (14/2) mendatang. Pihaknya telahmembahas rencana pelaksanaan Popda ini dengan internal BPO, dan rencananya akan kembali melakukan sosialisasi kepada daerah. “Sosialisasi ini perlu karena beberapa daerah kemarin melakukan perombakan SOTK, jadi pejabatnya juga ganti,” paparnya. (riz/din/mg1)

Jogja Sport