· PSIM Jogja Miliki Pelatih Lisensi B AFC

JOGJA – Regulasi kompetisi resmi Liga 2 untuk posisi pelatih dituntut minimal memiliki lisensi B AFC. Padahal, sebelumnya pelatih PSIM Jogja Erwan Hendarwanto baru mengantongi lisensi B Nasional. Namun saat ini seiring masuknya nama Ananto Nurhani, PSIM Jogja otomatis aman dari aturan tersebut.
Ya, Ananto masuk ke dalam tim kepelatihan PSIM Jogja untuk melengkapi tim pelatih saat ini. Sebelumnya di PSIM telah ada Erwan Hendarwanto, pelatih fisik Bagyo Irianto dan pelatih kiper Didik Wisnu. “PSIM memiliki pelatih baru, Ananto Nurhani, produk lokal. Sudah tidak asing di kepelatihan DIJ. Lisensi dia juga mumpuni, B AFC,” ujar manajer PSIM Agung Damar Kusumandaru kepada wartawan, kemarin (8/2).
Agung mengatakan, sesuai regulasi yang disampaikan dalam kongres tahunan PSSI kemarin, klub-klub Liga 2 harus dilatih dengan pelatih berlisensi minimal B AFC. Selanjutnya, Ananto dan tim pelatih akan berdiskusi untuk sama-sama mengarsiteki Laskar Mataram-julukan PSIM Jogja musim ini. “Secara lisensi Ananto sudah sesuai regulasi, namun kami paham dia belum banyak pengalaman menangani klub Liga 2. Karena itu selanjutnya tidak ada pelatih kepala, yang ada tim pelatih. Satu sama lain saling melengkapi dan mitra diskusi,” imbuhnya.
Ananto mengaku siap berkolaborasi dengan tim pelatih PSIM saat ini. Serta bersama-sama membawa PSIM mengarungi Liga 2 Indonesia 2017 mendatang. “Semoga kemampuan yang saya kuasai bisa bermanfaat dan berguna untuk membuat PSIM berprestasi,” ujarnya.
Pelatih PSIM Erwan Hendarwanto menyambut baik bergabungnya Ananto dalam tim kepelatihan. Sehingga diharapkan semakin bagus dalam memoles tim mengahadapi Liga 2.”PSIM disengkuyung bareng-bareng. Karena selama ini kami hanya bertiga, harapannya bisa menambah prestasi buat PSIM. Dia pernah di Deltras dan lebih cenderung ke penguasaan tekniknya,” ujar Erwan mengenai duetnya di tim kepelatihan.(riz/din/mg1)

Ananto Nurhani
TTL: Lampung, 12 Mei 1984
Lisensi: B AFC

Karir Kepelatihan

*Asisten Pelatih Persegres Gresik (2012)
*Asisten Pelatih Deltras Sidoarjo (2013)
*Asisten Pelatih Persifa Fak-Fak (2014)
*Direktur Teknik SSB Marsudi Agawe Santosa Kota Jogja (2015)
*Pelatih Pekan Olahraga Pelajar Wilayah DIJ (2016)

Jogja Sport