DEWI SAMUDYAHSARI/RADAR JOGJA
NAIK LEVEL: Tim renang indah DIJ semakin solid di tengah program Puslatda PON di kolam renang UNY. Puslatda Renang indah juga akan diisi ujicoba Jogja Open 2016 dan training camp.
JOGJA – Perenang mancanegara dari ASEAN dan Australia akan ikut kejuaraan renang indah Jogja Open 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kejuaraan renang indah berleval nasional ini naik level dengan keikutsertaan perenang dari mancanegara.

Komisi Teknik Renang Indah Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) DIJ Ragil Sugirestu Andayani mengatakan belum semua negara di ASEAN ikut. ‘’Yang sudah memastikan ikut Singapura dan Australia,” ujarnya kemarin.

Jogja Open 2016 akan digelar Juli di Kolam renang UNY Wates. Mempertandingkan beberapa nomor yang terbagi dalam kelompok umur dan open, seperti under 12 tahun, nomor figur dan rutin, serta nomor teknik dan free untuk open.

Dari catatan prestasi tahun lalu, atlet renang indah DIJ menorehkan prestasi yang mengesankan. Tim renang indah DIJ berhasil menyabet 10 medali emas dari 14 nomor yang terdapat pada kelompok umur dan open.

Ragil yang juga pelatih tim renang indah DIJ ini mengatakan, kejuaraan ini sekaligus menjadi try in bagi anak-anak asuhnya. “Ini kesempatan mengukur sejauh mana hasil program latihan selama ini,” ujar Ragil.

Mengenai kesiapan anak asuhnya, Ragil mengaku anak asuhnya sudah mengalami peningkatan skill maupun teknik. Selain program try in, pihaknya juga mengagendakan training camp (TC) bersama pelatih asal Rusia, yakni Anna Nasekina seperti saat program Pemusatan Latihan Daeran (Puslatda) Pra-PON tahun lalu.

Hasil TC dengan pelatih asal Rusia tersebut pada Puslatda Pra-PON lalu memberikan hasil yang optimal. Sehingga diharap pada Puslatda PON ini anak asuhnya bisa konsisten dan memberikan yang terbaik bagi DIJ.

“Karena daerah lain seperti DKI Jakarta dan Jatim juga sudah mendatangkan pelatih asing, bahkan mereka sejak awal tahun. Tapi kami tetap optimistis, anak-anak mampu berjuang maksimal,” ujarnya. (dya/iwa)

Jogja Sport