DEWI SARMUDYAHSARI/RADAR JOGJA
KONSENTRASI: Tim Basket Jogja KU 16 yang akan mengikuti Kejurnas Basket KU 16.
JOGJA – Tim basket Jogja masih perlu pembenahan. Tim ini memasuki program pelatihan persiapan menjelang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket Kelompok Umur (KU) 16 tahun pada 21-28 Mei 2016.

Stamina yang belum optimal serta konsentrasi atlet yang terpecah, masih jadi pekerjaan rumah manajemen dan Pengda Perbasi DIJ. Perlu diperbaiki dalam waktu kurang dari delapan minggu ke depan.

“Harapan kami, mereka sudah punya stamina jauh lebih baik dari saat ini, karena besok mereka akan tampil di level nasional,” ujar Manajer Tim KU16 DIJ Andreas Candra Wibowo, kemarin.

Menurut Candra, tim putra masih terkendala stamina yang lemah. Hal tersebut sangat terlihat saat pertandingan persahabatan dengan Tim Popda Banjarnegara yang berlangsung, Minggu (27/3) kemarin. Meski menang dengan angka terpaut jauh, 78-43, stamina masih harus digembleng.

Sementara tim putri, batal melakukan tanding persahabatan karena Tim Popda Banjarnegara terkendala waktu. “Konsentrasi mereka juga terpecah,” kata Candra.

Konsentrasi pecah karena anak-anak ini tulang punggung sekolahnya masing-masing. Beberapa juga ikut tim Popda, Popwil dan PAB. ‘’Jadi mereka harus membagi latihan dengan pola yang beda,” ujar Candra.

Dikatakan, program latihan jelang Kejurnas KU16 masih tersisa sekitar tujuh minggu. Manajemen berencana mengadakan tanding persahabatan lagi, dan akan menjamu Tim Popda Bogor.

Dengan waktu yang tersisa, program peningkatan stamina dan pemantapan pola akan menjadi target utama. Sementara itu, saat ini manajemen sudah mengantongi 15 nama atlet yang nantinya masih akan diciutkan menjadi 12 pemain.

“Mungkin empat minggu lagi kami akan agendakan tanding ujicoba dengan mahasiswa. Kalau stamina dan pola mereka sudah jadi,” ujar Candra. (dya/iwa/ong)

Jogja Sport