ABRAHAM GENTA BUWANA/RADAR JOGJA
SEMANGAT: GBPH Prabukusumo (kedua dari kiri) saat berlangsung pemberian bantuan peralatan latihan di Kantor KONI DIJ (23/3).
JOGJA – KONI DIJ kembali menyerahkan bantuan peralatan olahraga. Kali ini, giliran delapan cabor (cabang olahraga) yang menerima bantuan peralatan latihan.

Ketua Umum KONI DIJ GBPH Prabukusumo mengatakan, pemberian bantuan peralatan latihan ini untuk pembinaan prestasi atlet. Para atlet tersebut mewakili DIJ di skala regional, nasional maupun internasional.

“Masih tersisa 11 cabor yang belum menerima. Ini karena terkendala tim pembelian kami yang hanya satu. Sedangkan yang harus dibeli banyak, jadi kami buat beberapa tahap,” ujar Prabukusumo usai pemberian bantuan peralatan latihan secara simbolis, di Kantor KONI DIJ, Rabu (23/3).

Dia mengatakan, dana yang digunakan dari APBD di periode pertama yang berhasil diefisiensi sebesar Rp 6,3 miliar. Sedangkan pembelian semua peralatan yang diperuntukan untuk semua cabor hampir Rp 3 miliar.

Peralatan yang dibeli juga mempertimbangkan kualitas, dan hampir keseluruhan berkualitas terbaik. Hal ini agar atlet-atlet DIJ berlatih dengan peralatan yang mumpuni yang diharapkan berimbas pada prestasi. Salah satunya target 15 medali emas yang dicanangkan pada PON Jawa Barat September 2016.

“Kalau alatnya hanya kualitas dua atau sekian, ya atlet kesulitan berprestasi. Karena daerah lain punya peralatannya impor semua,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD DIJ Yoeke Indra Agung Laksana mengatakan atlet juga merupakan aset yang mampu membawa harum nama DIJ. Perlu mendapat perhatian untuk penghidupan yang lebih baik.

“Semoga peralatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh cabor bersangkutan sehingga bisa menggenjot prestasi para atlet,” ujarnya.

Sedangkan cabor yang mendapat bantuan peralatan olahraga tersebut adalah sepakbola, bulutangkis, balap sepeda, catur, tarung derajat, hoki, sepak takraw, angkat berat (angkat besi dan binaraga).

Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) DIJ Cahya Alkantana mengatakan, peralatan yang diberikan KONI DIJ kali ini sangat berguna. Untuk latihan para atlet, dan bisa digunakan saat kejuaraan berlangsung di DIJ.

“Ini tentu membuat atlet semakin semangat berlatih, kami memiliki target satu emas di PON nanti. Semoga semua dukungan ini bisa membuat atlet semakin termotivasi,” ujar Cahya. (dya/iwa/ong)

Jogja Sport